Akibat dari Truk yang Overload Muatan

Truk pada dasarnya memang berfungsi untuk mengangkut barang/benda dalam jumlah yang banyak. Namun truk juga mempunyai ambang batas berat dalam mengangkut barang/benda. Tak jarang truk dipaksa untuk mengangkut beban melebihi kapasitas angkut normal truk itu sendiri. Dengan alasan lebih efisien dan menghemat waktu serta biaya, truk diberi muatan berlebih.

Tetapi ada kalanya truk tersebut mungkin juga sudah merasa lelah untuk mengangkut muatan yang berlebihan. Seperti pada gambar berikut ini yang diambil di sekitar jalan raya Sukoharjo-Wonogiri tepatnya di depan sebuah SMP daerah Begajah Sukoharjo. Kemungkinan ban dari truk tersebut kempes/pecah pada sisi kiri truk sehingga perlu disangga dengan bambu.

Akibat Truk Overload Kelebihan Muatan

Mungkin dia sudah lelah, dan sudah waktunya bagi truk untuk bersandar dan istirahat sejenak karena beban yang harus dia pikul sudah terlalu berat. Andaikan truk tersebut mempunyai akal dan pikiran seperti manusia, mungkin dia akan protes dan mengeluh kepada majikannya yang memaksanya untuk membawa beban berlebih.

Untung saja hal tersebut dapat segera diketahui oleh sopir sehingga pertolongan pada truk pun dapat segera diberikan. Namun akan lain ceritanya apabila hal tersebut tidak disadari oleh sopir, pasti akan dapat membahayakan nyawa sopir dan pengendara jalan raya yang lain.

Sumber gambar: grup facebook ICS

Advertisements

2 Comments on “Akibat dari Truk yang Overload Muatan”

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.