gurita bayi

Beberapa Kebutuhan Bayi yang Baru Lahir

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, kelahiran seorang bayi itu merupakan sebuah momen yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Namun yang jadi pertanyannya, apakah anda sudah tahu tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut si kecil? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasan tentang kebutuhan bayi baru lahir dibawah ini:

1. Gurita Bayi

gurita bayi

Walaupun saat ini ada pihak-pihak yang melarang penggunaan gurita ini karena dianggap bisa mengganggu sistem pernapasan pada bayi. Namun masih ada saja orang tua yang menggunakan gurita bayi ini. Tetapi perlu diketahui bahwa penggunaan gurita bayi ini tidak boleh terlalu ketat supaya tidak mengganggu pernapasan serta pencernaan bayi. Dalam hal ini, sebaiknya anda menyiapkan gurita bayi sebanyak minimal 12 buah.

2. Peralatan Mandi

Kebutuhan yang kedua adalah peralatan mandi untuk bayi, namun jangan asal memilih peralatan mandi. Sebagai contoh untuk urusan shampo dan sabun madi bayi yang akan digunakan. Gunakanlah peralatan mandi yang memang dikhususkan untuk bayi dan anak-anak, jangan pernah menggunakan peralatan mandi orang dewasa. Adapun peralatan mandi bayi yang harus anda siapkan adalah seperti sabun mandi, shampo, bak tempat khusus mandi bayi, handuk yang lembut, dan lain sebagainya. Dan perlengkapan mandi bayi ini harus disimpan pada tempat yang bersih dan tidak terkena kuman agar tetap steril.

3. Perlengkapan Kesehatan Bayi

Supaya kondisi kesehatan bayi tetap terjaga, orang tua perlu menyiapkan berbagai peralatan yang berhubungan dengan kesehatan bayi. Peralatan kesehatan bayi contohnya seperti minyak telon, plester anti demam, kain kasa, cutton bud, baby oil, termometer, dan minyak kayu putih. Sebagai informasi tambahan, apabila bayi terkena demam atau batuk ringan, obat yang sangat dianjurkan adalah ASI serta bayi dijemur. Dengan melakukan dua hal tersebut, biasanya bayi akan akan cepat pulih.

4. Kaos Dalam (Singlet)

Kaos dalam atau singlet ini merupakan pakaian pengganti gurita. Jadi jika sekiranya bayi anda tidak nyaman menggunakan gurita, alternatifnya bisa menggunakan singlet. Dalam hal ini orang tua hanya cukup menyiapkan 1 lusin singlet saja untuk kebutuhan bayi sehari-harinya.

5. Celana Bayi

Pada biasanya jenis celana bayi yang banyak digunakan adalah model celana pop. Model celana ini bisa digunakan ketika orang tua akan mengajak bayi anda jalan-jalan. Selain itu model celana pop ini bisa menutupi diapers yang digunakan. Untuk celana bayi ini, orang tua cukup menyediakan 1 lusin saja dalam kebutuhan harian. Selain celana model pop, model celana lainnya yang harus disiapkan adalah celana panjang buntu. Dimana celana model ini panjang dan tidak mempunyai lubang kaki. Celana model ini sangat cocok digunakan pada saat udara dingin karena dapat memberikan kehangatan pada bayi. Orang tua juga cukup menyiapkan 1 lusin saja untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Baju Pesta

Baju pesta ini tidak wajib atau sifatnya hanya opsional. Baju pesta ini perlu disiapkan ketika ada keinginan untuk mengajak bayi ke acara-acara formal seperti ke pesta pernikahan. Karena penggunaan baju pesta ini hanya sebentar dan jarang, jangan terlalu banyak membeli baju pesta ini. Selain itu gunakanlah baju pesta yang aman dan nyaman bagi bayi anda.

7. Selimut Bayi Baru Lahir

Selimut ini biasanya digunakan saat bepergian untuk melindung bayi dari angin serta menjaga suhu tetap hangat. Dan selimut ini juga bisa digunakan ketika cuaca sangat dingin, sehingga bisa memberikan kehangatan pada bayi.

Itulah beberapa persiapan yang harus orang tua lakukan untuk memenuhi kebutuhan bayi yang baru lahir dan selamat mencobanya.


Advertisements
  •  
    2
    Shares
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.