Belajar Ilmu Safety Riding

Belajar Ilmu Safety Riding bareng Ahlinya

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, dalam rangkaian acara launching Honda ADV 150 di The Park Mall Solobaru pada 28 September 2019, tidak hanya mengajak blogger vlogger untuk touring bersama ke Tawangmangu. Melainkan juga memberikan edukasi mengenai belajar ilmu safety riding dengan mendatangkan langsung instruktur Safety Riding regional Jawa Tengah. Astra Motor Jateng tahu betul bahwa keselamatan merupakan yang paling utama ketika berkendara di jalan raya. Oleh karenanya, Astra Motor Jateng mengajak kita untuk mengenal lebih dalam mengenai ilmu #CariAman ketika berkendara di jalan.

Tentu saja edukasi mengenai Ilmu Safety riding ini disambut antusias oleh teman-teman blogger dan juga vlogger. Bagi saya sendiri, tentu saja ini bisa menambah pengetahuan saya mengenai bagaimana cara yang benar dan aman ketika berkendara di jalan raya. Jika berbicara mengenai ilmu Safety Riding tentu saja akan ada banyak sekali materi yang diajarkan. Namun dalam kesempatan tersebut dikarenakan waktu yang terbatas maka yang dijelaskan hanya mengenai hal dasar terlebih dahulu. Yaitu ilmu teori mengenai posisi yang benar ketika berkendara.

Belajar Ilmu Safety Riding bareng Ahlinya

Pada kesempatan tersebut, Mas Alfian selaku instruktur Safety Riding Regional Jawa Tengah berbagi ilmu terhadap blogger vlogger yang hadir. Setidaknya ada beberapa posisi tubuh yang penting untuk diperhatikan ketika berkendara. Yang pertama adalah posisi kepala yang harus tegak saat berkendara, hal ini untuk memudahkan kita berkonsentrasi saat di jalan raya.

Kemudian yang kedua adalah pandangan mata harus selalu lurus ke depan untuk melihat kondisi lalu lintas serta kondisi jalan di depan kita. Dengan pandangan mata yang lurus tersebut dapat memudahkan kita untuk cepat mengambil tindakan ketika terjadi sesuatu di depan kita.

Belajar Ilmu Safety Riding

Yang ketiga adalah posisi jari-jari tangan kita yang harus memegang handle stang penuh ketika berkendara jarak jauh. Jari-jari tangan kita disarankan untuk tidak selalu memegang tuas rem depan saat berkendara jarak jauh. Akan lain halnya jika berkendara di perkotaan yang padat lalu lintasnya, maka memegang tuas rem depan diperbolehkan untuk stop and go. Posisi lengan diusahakan juga membentuk sudut tumpul dan dalam kondisi rileks dengan tujuan untuk meredam getaran badan saat melewati jalanan yang rusak.

Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan mengenai teknik panic braking yang benar. Yaitu ketika mengerem mendadak yang benar adalah menekan tuas rem depan dan belakang secara bersamaan dengan perbandingan 70 % dan 30 %.

Posisi penting yang keempat adalah posisi badan yang rileks serta menempatkan pantat di tengah-tengah jok untuk memberikan keseimbangan saat berkendara. Dengan posisi tersebut maka akan membuat badan kita tidak mudah pegal atau capek saat berkendara jarak jauh.

Belajar Ilmu Safety Riding

Yang terakhir atau yang kelima adalah posisi kaki kita yang diusahakan untuk lurus ke depan dan rapat dengan berpijak pada footstep ataupun dek. Hal ini untuk melindungi kaki kita dari benda-benda berbahaya dan untuk memberikan refleks yang cepat ketika terjadi sesuatu.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai edukasi soal Safety Riding yang disampaikan oleh Mas Alfian dari Instruktur Safety Riding Regional Jawa Tengah. Semoga dapat memberikan wawasan dan ilmu mengenai keselamatan berkendara karena jujur saya juga sangat minim sekali dengan ilmu Safety Riding. Sharing tersebut memberikan kita pengalaman berharga untuk lebih peduli terhadap diri kita sendiri ketika berkendara di jalan raya. Dan tentunya, sebelum berkendara jangan lupa berdoa supaya selalu diberikan perlindungan oleh Allah swt. Semoga bermanfaat.

baca juga:


2 thoughts on “Belajar Ilmu Safety Riding bareng Ahlinya

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.