sumber: solusisehatku.com

Berikut Deretan Makanan yang Cepat Meningkatkan Jumlah Trombosit

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, apakah ada yang belum mengenal apa itu trombosit? Ya, trombosit merupakan sel darah yang cukup penting dalam pembekuan darah secara normal. Jumlah dari trombosit dalam tubuh itu bisa digunakan sebagai tanda atau diagnosis secara dini dari penyakit atau kondisi yang dapat membuat penggumpalan pada darah. Apa yang terjadi jika trombosit dalam jumlah kurang dalam tubuh? Tentu akan sangat berbahaya sekali karena dapat berakibat fatal seperti terjadinya pendarahan pada otak maupun saluran pencernaan. Tanda awal kekurangan bisa dilihat dari munculnya bintik merah ataupun sering terjadi pendarahan.

sumber: hellosehat.com

Jumlah trombosit dalam darah itu berpengaruh banyak pada jumlah zat besi, banyak jenis makanan peningkat jumlah trombosit juga mengandung zat besi tinggi. Seperti yang diketahui jika pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia secara dini. Nah, berikut ini ada jenis makanan pilihan yang bisa meningkatkan trombosit sekaligus zat besi dalam tubuh yaitu:

  1. Gandum utuh yang dipercaya dalam meningkatkan jumlah trombosit, meskipun didalamnya terkandung juga seperti nutrisi, serat, mineral, dan masih banyak vitamin penting lainnya.
  2. Sayuran hijau menjadi pilihan selanjutnya bagi Anda, dimana Anda bisa konsumsi kangkung, kubis, bayam, selada, brokoli dan beberapa jenis lainnya.
  3. Buah delima menjadi pilihan karena kaya akan zat besi dan mampu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.
sumber: solusisehatku.com

Selain di atas masih ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda pilih untuk mempercepat peningkatan jumlah trombosit dalam tubuh. Ini penting, apalagi bagi mereka yang sedang mengidap penyakit demam berdarah. Pasti jumlah trombosit yang turun menjadi salah satu masalah, makanya dengan cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah seperti diatas Anda bisa sedikit terbantu. Meskipun secara medis pasti akan ditangani dan diberi obat secara khusus untuk peningkatan, tetapi dengan makanan tepat bisa membantu.

Demikian ulasan mengenai pengertian dari trombosit sampai dengan fungsi penting dan cara peningkatannya. Terkadang orang yang awam itu sulit untuk memahami masalah terjadinya kekurangan trombosit. Jika memang Anda mengalami masalah tersebut, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu sebelumnya. Selain dari makanan, peningkatan trombosit dan zat besi juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen.


Advertisements

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.