Berkunjung dan Mengenal Lebih Dalam Museum Purbakala Sangiran

DSCF9027

Buka-buka foto di kamera digital lha kok nemu foto-foto waktu liburan ke Musem Sangiran. Sebenarnya foto-foto itu sudah hampir 4 bulan yang lalu diambil. Namun daripada gak ada ide untuk nulis artikel akhirnya saya munculkan saja. 😀

Akhir Desember tahun 2015 atau tepatnya tanggal 24 Desember 2015 saya mengajak anak dan istri untuk jalan-jalan ke Museum Purbakala Sangiran di Kalijambe, Sragen. Dari arah Solo kita tinggal lalui jalan Solo-Purwodadi, sesampainya di Pasar Kalijambe belok kiri sekitar 8 km sampai ditemui ada papan petunjuk belok kiri yang mengarah ke Museum Purbakala Sangiran.

Lama waktu perjalanan dari Solo menuju Museum Purbakala Sangiran sekitar 1 jam tergantung dari arus lalu lintas sepanjang perjalanan.

Di museum Purbakala Sangiran ini dapat diperoleh informasi lengkap tentang bagaimana pola kehidupan manusia purba di Jawa yang turut berperan serta dalam perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi. (mboh opo kuwi jenenge aku yo ra ngerti 😀 )

Karena bertepatan dengan hari libur nasional Hari Maulid Nabi Muhammad saw. Pengunjung di Museum Purbakala Sangiran ini cukup banyak tidak seperti di hari-hari biasa. Ada berbagai macam fosil dan diorama dalam museum tersebut. Mulai dari diorama aktivitas manusia purba, binatang purba, alat-alat berburu manusia purba, dan sebagainya.

Ada juga benda yang diperkirakan serpihan benda angkasa yang jatuh ke bumi

Miniatur/Maket dari Museum Sangiran

DSCF9018

DSCF9017

DSCF9019

Tanda tangan Pak Anis Baswedan dan Gubernur Ganjar Pranowo

DSCF9025

DSCF9026

Untuk ruangannya sendiri terbagi menjadi beberapa ruang pamer yaitu

  • Ruang utama yaitu berupa ruang pamer tempat koleksi terpajang
  • Ruang laboratorium yaitu tempat proses konservasi fosil-fosil yang ditemukan
  • Ruang pertemuan yaitu untuk kegiatan yang diadakan di museum
  • Ruang perpustakaan yaitu tempat menyimpan beragam koleksi buku
  • Ruang penyimpanan yaitu tempat untuk koleksi fosil-fosil
  • Ruang Audio Visual yaitu untuk pemutaran film kisah kehidupan manusia prasejarah

Di bagian depan area parkir terdapat jejeran kios para pedagang yang menjual berbagai macam souvenir khas dari Sangiran. Sepanjang jalan sebelum masuk pintu utama Museum Sangiran banyak warga di sekitar yang juga berjualan souvenir.

DSCF9031

Setelah puas menelusuri semua tempat di bagian museum Sangiran akhirnya kami langsung pulang ke rumah.


Advertisements

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.