Museum Affandi (www.1001malam.com)

Intip Masa Lampau dengan Berkunjung ke 5 Museum Ini di Jogja

Diposting pada

Apa saja hal menarik yang bisa Anda telusuri di Jogja? Salah satunya adalah kekayaan masa lampau yang tersimpan rapi di beberapa museum bersejarah.

Identik dengan adat istiadat dan kebudayaan yang kental, tak heran jika Jogja sering disebut sebagai Kota Budaya. Hal ini juga bisa diamati langsung dari kehidupan masyarakat lokal maupun bangunan-bangunan zaman dahulu yang masih tersisa di Jogja.

Bukan hanya itu, para wisatawan juga dapat menelusuri jejak sejarah yang pernah terjadi di kota ini pada masa lampau. Caranya adalah dengan mengunjungi sejumlah museum yang menyimpan berbagai kisah menarik serta bukti-bukti sejarah. Lalu, apa saja museum yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke Jogja? Dan berikut ini 5 museum di Jogja yang wajib untuk dikunjungi saat liburan ke kota ini.

1. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen Jogja Kembali (upload.wikimedia.org)

Salah satu museum yang menyimpan bukti sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia adalah museum Monjali. Objek wisata yang terletak di Jl. Lingkar Utara, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman ini, berbentuk seperti kerucut dan terdiri atas 3 lantai.

Di dalam museum, Anda akan menemukan sejumlah dokumen, foto, replika, bahkan senjata yang digunakan pada saat perang kemerdekaan. Tandu serta dokar yang pernah digunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman juga bisa dilihat di museum ini.

2. Benteng Vredeburg

museum di jogja
Museum Vredeburg (upload.wikimedia.org)

Siapa yang tidak pernah berkunjung ke Benteng Vredeburg? Berada di kawasan wisata favorit di Jogja, Benteng Vredeburg merupakan salah satu destinasi wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Arsitektur bangunan museum  yang mulanya dibangun sebagai benteng ini sangat kental dengan gaya kolonial. Saat ini, para pengunjung dapat mengintip jejak perjuangan para pahlawan ketika melawan penjajah dan merebut kemerdekaan.

Ada berbagai koleksi yang berjajar rapi di dalam museum, seperti foto-foto, miniatur, dan seragam para pejuang kemerdekaan.

3. Museum Affandi

Museum Affandi (www.1001malam.com)

Salah satu objek wisata Jogja yang cukup populer adalah Museum Affandi. Museum yang terletak di Jl. Laksda Adisucipto ini merupakan tempat khusus koleksi lukisan Affandi. Ini adalah sosok pelukis yang sangat terkenal pada masanya bahkan hingga saat ini.

Bukan hanya lukisannya sendiri, museum ini juga menyimpan berbagai koleksi lain dari para pelukis terkenal. Sisi menarik lainnya adalah pada kompleks Museum Affandi yang terasa sejuk. Saat memasuki area tersebut, Anda akan disambut oleh pepohonan yang rimbun serta desain bangunan yang terlihat unik.

4. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu (tripjogja.co.id)

Ada satu aturan khusus yang perlu diingat oleh para wisatawan saat berkunjung ke Ullen Sentalu, yaitu tidak boleh memotret selama berada di dalam area museum. Terletak di daerah Pakem, Kaliurang, museum yang menyimpan berbagai koleksi budaya dan sejarah di Jogja ini cukup mudah dijangkau.

Menariknya, museum ini pernah dinobatkan sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia. Tak heran, selain lengkapnya koleksi sejarah peninggalan Kerajaan Mataram, tata kelola tempat ini juga sangat rapi. Ketika masuk ke area museum, para pengunjung pun dimanjakan dengan suasana yang sejuk, tenang, dan hening.

5. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo (www.sonobudoyo.com)

Salah satu objek wisata lain yang tak kalah menarik adalah Museum Sonobudoyo. Museum ini dibuka tiap hari (kecuali Senin) tiap pukul 08.00 WIB ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Yogyakarta. Bangunan museum berbentuk rumah joglo yang mengusung gaya arsitektur masjid keraton.

Di dalam museum, ada beragam benda koleksi yang menampilkan kekayaan masa lalu, antara lain dalam bidang geologi, historika, teknologi, dan sebagainya. Benda-benda ini berasal dari masyarakat yang diberikan secara hibah, titipan, maupun ganti rugi.

Nah, demikian beberapa objek wisata museum di Jogja berupa museum yang dapat Anda kunjungi saat berlibur. Selamat menjelajah.


Advertisements

6 thoughts on “Intip Masa Lampau dengan Berkunjung ke 5 Museum Ini di Jogja

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.