cara merawat aki motor

Cara Merawat Aki Motor Biar Nggak Cepat Soak

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, aki merupakan komponen penting yang terdapat pada sepeda motor. Hal ini karena aki berfungsi sebagai sumber energi listrik di beberapa komponen motor. Headlamp, lampu sein, stop lamp, serta komponen lainnya di motor tak akan bisa hidup tanpa adanya aki. Oleh karenanya, aki harus tetap selalu dalam kondisi prima untuk bisa menjalankan/menghidupkan komponen-komponen motor tersebut. Agar aki selalu prima, maka kita harus rutin untuk merawat atau paling tidak melakukan hal-hal untuk menjaga supaya aki tetap prima saat digunakan. Nah, berikut ini cara merawat aki motor supaya tidak cepat rusak atau soak.

Cara Merawat Aki Motor Biar Nggak Cepat Soak

Aki di pasaran dibedakan dalam dua tipe yaitu aki kering dan aki basah. Untuk aki kering ini memiliki istilah maintenance free (MF) karena aki jenis/tipe ini tergolong sebagai aki yang bebas perawatan dan tahan lama. Hal ini dikarenakan aki kering menggunakan gel sebagai penghasil arus listrik sehingga tidak perlu untuk melakukan isi ulang seperti pada aki basah.

Berbeda dengan aki kering, aki basah membutuhkan perawatan secara berkala supaya aliran arus listriknya tetap maksimal. Biasanya dalam jangka waktu tertentu kita harus mengecek ketinggian air aki secara berkala. Apabila air aki dalam kondisi low maka dapat kita isi menggunakan air aki yang dapat kita mudah dapatkan di pasaran.

cara merawat aki motor

Sebenarnya harga aki motor tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan komponen lainnya. Namun jika dalam keadaan darurat aki soak, maka akan membuat pengendara menjadi serba susah. Oleh karenanya, agar aki tetap prima maka ada beberapa kebiasaan/cara merawat aki motor. Dan berikut ini beberapa cara merawat aki motor.

Merawat Aki Motor

  • Langkah pertama untuk menjaga supaya aki tetap normal dan tidak cepat soak adalah dengan tidak menambahkan aksesoris tambahan yang berlebihan pada motor. Sebagai contoh penambahan lampu, klakson, dan juga audio custom yang akan menguras daya aki.
  • Lebih baiknya jika motor masih dibekali kick starter, maka ketika pertama kali akan menghidupkan motor (pagi hari) lebih baik menggunakan kick starter. Hal ini dikarenakan menghidupkan motor menggunakan electric starter membutuhkan arus yang besar.
  • Apabila memiliki motor yang jarang digunakan, ada baiknya setiap hari motor dihidupkan walaupun hanya 15 menit saja. Hal ini untuk mencegah sel-sel yang terdapat di dalam aki menjadi kering.
  • Selalu memeriksa atau mengecek ketinggian air aki secara berkala. Apabila sudah mendekati batas bawah segeralah lakukan pengisian menggunakan air aki hingga batas level atas (untuk aki basah). Jangan sampai mengisikan air aki melebihi batas bawah karena akan dapat menimbulkan kerak putih di kutub + dan – aki.

cara merawat aki motor

Itu tadi beberapa cara dalam merawat aki motor supaya tetap awet. Sebenarnya masih banyak juga cara yang lain untuk menjaga aki tetap awet. Saya sendiri mempunyai pengalaman menggunakan aki basah yang dapat bertahan hingga sampai 5 tahun lamanya karena rutin dilakukan perawatan. Ada banyak pilihan merek aki yang bisa Anda pilih di pasaran yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

baca juga:


Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.