sumber: parenting.co.id

6 Cara Merawat Kesehatan Anak agar Tetap Ceria

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, orang tua mana sih di dunia ini yang tidak akan merawat anaknya dengan baik? Ya, tentu saja setiap orang tua di seluruh dunia pasti akan merawat anaknya sebaik mungkin. Nah, berbicara soal merawat sang buah hati, selain vitamin anak ternyata ada beberapa hal lain yang penting orang tua ketahui. Berikut di bawah ini beberapa tips perawat kesehatan anak yang harus orang tua lakukan.

1. Lakukan Imunisasi demi Kesehatan Anak

sumber: bangka.tribunnews.com

Perawatan kesehatan anak yang harus orang tua ketahui ialah dengan melakukan imunisasi. Hal ini dikarenakan imunisasi sangatlah penting untuk bayi berusia 12-18 bulan. Imunisasi mempunyai tujuan untuk menjaga kekebalan tubuh yang dapat menimalkan resiko bayi terkena penyakit. Sehingga, imunisasi mempunyai manfaat yang mampu melindungi bayi dari serangan bakteri dan juga virus yang rentan terjangkit pada bayi usia dini. Ada beberapa jenis imunisasi yang wajib untuk dilakukan bagi setiap anak. Imunisasi tersebut seperti imunisasi polio, campak, HIB, PVC, DTP, Hepatitis A dan typus yang bisa dilakukan di puskemas atau rumah sakit.

2. Menjaga Makanan

sumber: lampung.tribunnews.com

Perawatan kesehatan anak yang lainnya adalah dengan menjaga asupan makanan kepada anak. Untuk menjaga asupan makanan terhadap anak perlu diimbangkan dengan nutrisi gizi yang seimbang yang harus diperhatikan. Sehingga, pada bayi usia dini mempunyai daya tahan tubuh yang rentan dari berbagai penyakit. Selain itu juga, dalam komposisi makanan tersebut harus mencakupi gizi untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Kecakupan gizi tersebut seperti kebutuhan zat tenaga dari lemak dan karbohidrat. Kemudian kebutuhan zat pembangun yaitu protein. Dan satu lagi yaitu zat pengatur yaitu vitamin dan mineral.  Berikut beberapa jenis vitamin anak yang direkomendasikan => vtamin A, vitamin K, asam folat, kalsium, zink, vitamin C, vitamin D, dan serat.

3. Jangan Lupa Minum

sumber: parenting.co.id

Selain harus menjaga asupan makanan, sama pentingnya juga dalam memberikan asupan cairan. Asupan cairan berfungsi untuk menghindari anak dari dehidrasi. Asupan cairan bisa didapatkan dari air putih, jus, susu, buah-buahan dan lain-lainnya. Untuk memberikan asupan cairan orang tua harus membiasakan untuk memberi minum anak setiap habis makan atau juga bisa sejam sekali. bunda juga bisa mengkombinasikan air putih dan jus buah favorit anak bunda.

4. Selalu Cuci Tangan dan Kaki

sumber: popmama.com

Untuk menjaga kesehatan anak, bunda bisa membiasakan untuk menjada kebersihan sang anak seperti membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun. Karena hal tersebut merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk dilakukan pada anak yang sangat aktif dalam memegang hal-hal baru, yang mempunyai berbagai sumber penyakit yang berasal dari tangan bayi yang kotor. Dengan begitu, sang bunda harus ekstra memperhatikan bayi untuk menjaga kebersihan tangan dan kakinya.

5. Istirahat yang Cukup

kesehatan anak tidur (hellosehat.com)
sumber: hellosehat.com

Pada bayi usia 1 sampai 2 tahun membutuhkan waktu tidur kurang lebih 12 sampai 14 jam setiap harinya, istirahat yang cukup sangat penting dan mempunyai manfaat yang bisa menjaga metabolisme tubuh, menghindari dari penyakit, membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, dan juga dapat menjaga daya ingat bayi. Selain itu juga, bayi dianjurkan untuk tidur 2 kali setiap harinya yaitu tidur siang sekitar 2 jam dan tidur malam sekitar 10 jam.

6. Menjaga Kebersihan Gigi

sumber: atmago.com

Rajin menggosok gigi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dari karies dan karang gigi. Mulut yang kotor dapat terjangkit dari penyakit dan dapat menimbulkan bakteri. Sehingga pada usia batita sudah dianjurkan untuk menggosok gigi 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan sebelum tidur. Untuk batita, menggosok gigi dapat menggunakan sikat gigi khusus yang mempunyai tekstur lembut dan kecil. Dengan menggunakan pasta gigi sesuai jumlah yang dianjurkan.

Itulah beberapa tips merawat kesehatan pada anak yang tentunya harus bunda lakukan.

 


Advertisements
  •  
    2
    Shares
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.