10 Cara Pintar Memanfaatkan Ruangan Kecil

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, apakah kamu baru saja pindah ke rumah baru? Wah, selamat, ya! Seperti yang kita ketahui, tanah di Indonesia rasanya semakin mahal saja dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat kebanyakan rumah dijual dengan ukuran kecil. Nah, jangan sampai hal ini menghambat kamu untuk menciptakan nuansa rumah yang nyaman dan indah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak 7 tips memanfaatkan ruangan kecil di bawah ini:

10 Cara Pintar Memanfaatkan Ruangan Kecil

1.    Gantung Rak di Belakang Pintu Kamar Mandi

Bingung bagaimana cara mengakali kamar mandi berukuran kecil agar tetap terlihat cantik? Well, ini bisa kamu lakukan dengan menggantung rak di belakang pintu kamar mandi seperti gambar di atas. Jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa menggantung rak di tembok kamar mandi polos.

2.    Buat Jendela Besar

jendela luas (sumber gambar: pixabay.com)

Masuknya cahaya matahari dapat membuat rumah kamu terasa lebih besar dan nyaman. Itu sebabnya, yuk mulai biarkan cahaya luar masuk ke rumah dengan membuat jendela besar dengan tirai yang tidak terlalu tebal.

3.    Perhatikan Pemilihan Warna

pemilihan warna dinding (sumber gambar; pixabay.com)

Jika memiliki rumah berukuran kecil, sebaiknya kamu memilih tema warna rumah yang netral dan terang. Sebagai contohnya putih, krem, cokelat muda, dan sejenisnya.

4.    Letakan Cermin di Ruangan Kecil

Tahukah kamu? Cermin juga bisa menjadi pernik dekorasi yang menciptakan ilusi optik sehingga ruangan jadi tampak lebih luas. Semakin besar ukuran cermin, ia bisa menciptakan ilusi ruangan semakin luas.

5.    Bracket TV

Kabinet TV akan menyita tempat yang tersedia, sehingga ruangan terasa lebih sempit. Nah, dengan menggantungkan TV di dinding, cara ini bisa menghemat banyak ruangan agar terlihat lebih luas. Jika sedang mencari TV untuk rumah baru, kami sangat merekomendasikan TV LED Sony 36 inch dengan desain kokoh dan modern.

6.    Rak Terbuka di Dapur

rak terbuka (sumber gambar: desaininterior.me)

Untuk dapur sempit kamu bisa mengakalinya dengan menciptakan rak terbuka untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Ini dikarenakan rak terbuka mampu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas, sekaligus bisa menjadi penghias dapur agar perlatan dapur tetap tertata rapi.

7.    Memberi Ruang Furniture dengan Dinding

Kebanyakan orang terbiasa menata furniture  agar menempel ke tembok. Nah, ternyata cara ini salah, lho!  Jika kamu memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, geser sedikit sofa dari dinding, berikan celah untuk bernapas, hingga ketika ada cahaya yang masuk, akan timbul bayangan dari sofa. Bayangan tersebut menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam rumah kecil.

8.    Manfaatkan Furniture  Multifungsi

Guys, sekarang ini sudah ada banyak sekali furniture  multifungsi yang bisa kamu gunakan untuk banyak hal. Dengan memanfaatkan furniture  multifungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil kamu. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan.

9.    Gunakan Parket Strip

Parket Lantai Kayu (sumber gambar: dekoruma.com)

Tahukah kamu? Pakaian dengan pola strip atau garis-garis vertikal akan membuat seseorang terlihat lebih tinggi dan pola garis horizontal akan membuat seseorang terlihat lebih lebar. Nah, ilusi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan ruangan luas. Jika ruangan di rumah kecil kamu lebih lebar, aplikasikan parket berpola vertikal untuk memberikan kesan ruangan lebih panjang.

10.    Jangan Terlalu Banyak Furniture

Karena ruangan di rumah kamu sudah sempit, sebaiknya gunakan furniture yang perlu saja, dan maksimalkan fungsinya. Furniture built-in disebut-sebut bisa mengurangi kesan sempit pada ruangan, namun jangan kebanyakan, karena akan membuat ruang terasa lebih sesak daripada yang dibutuhkannya.

Semoga artikel di atas membantu, ya. Selamat bereksperimen menata rumah baru agar terasa nyaman dan indah, guys!

Advertisements
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.