Empat Fitur Canggih Honda X-ADV

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Honda X-ADV merupakan big bike Honda yang baru saja dirilis oleh AHM pada gelaran IIMS 2019 kemarin. Honda X-ADV merupakan motor skuter adventure yang nyaman untuk diajak riding di jalan raya maupun untuk adventure. Basis mesin dari Honda X-ADV sebenarnya sama dengan mesin yang dipakai oleh Honda Vultus. Mesinnya mempunyai kapasitas 745 cc 2 silinder DOHC PGM-FI berpendingin cairan. Untuk harganya, Honda X-ADV di Indonesia dijual oleh AHM dengan banderol harga 450 juta rupiah. Dengan harga yang lumayan tinggi tersebut, tentu motor ini memiliki berbagai macam kelebihan yang menjadi nilai jualnya. Setidaknya ada empat fitur canggih Honda X-ADV yang menjadikannya layak untuk dimiliki.

Empat Fitur Canggih Honda X-ADV

Keempat fitur canggih Honda X-ADV tersebut antara lain Dual Clutch Transmission (DCT), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Riding Mode, dan terakhir adalah G-Switch. Dan berikut ini ulasan mengenai empat fitur canggih motor tersebut.

Dual Clutch Transmission (DCT)

Dual Clutch Transmission merupakan sistem transmisi kopling ganda pada setiap perpindahan giginya. Cara kerjanya yaitu kopling pertama menggerakkan gigi ganjil, sedangkan kopling kedua menggerakkan gigi genap. Di saat tombol Drive (D) ditekan, maka putaran mesin dari crankshaft diteruskan ke mainshaft dan kemudian ke countershaft. Jadi transmisinya bekerja secara estafet, tidak langsung terlepas seperti pada transmisi konvensional. Keunggulan pada tramsmisi DCT adalah pada kecepatan dan kehalusan perpindahan gigi/gear.

Honda Selectable Torque Control (HSTC)

Moge pastinya mempunyai tenaga dan juga torsi yang besar. Oleh karena sistem kontrol torsi perlu disematkan pada moge-moge agar tidak lepas kendali. Seperti halnya pada Honda X-ADV, motor ini dilengkapi dengan fitur pengatur torsi yang dinamakan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Sebagai informasi power dari Honda X-ADV ini sebesar 54,7 PS dan torsi maksimalnya diangka 68 Nm.

Dengan adanya fitur ini akan membuat aman bagi pengendara apalagi bagi pengendara yang baru pertama kali menggunakan big bike. Jika biasanya menggunakan motor ber cc kecil langsung puntir gas, maka kebiasaan tersebut harus diubah ketika menaiki big bike. Karena kembali lagi torsi dan juga power dari X-ADV ini lumayan cukup besar.

Riding Mode

Untuk riding mode atau mode berkendara, pada Honda X-ADV ini terdapat dua pilihan riding mode. Yang pertama adalah Drive (D) dan yang kedua adalah Sport (S). Selain kedua riding mode tersebut terdapat pula mode manual yang perpindahan giginya tetap halus berkat adanya DCT.

G-Switch

G-Switch ini sebenarnya hampir sama dengan riding mode yang ada di atas. Hanya saja G-Switch ini fungsinya untuk memberikan torsi lebih saat motor digunakan di medan off-road. Namun saat fitur ini dinyalakan, maka fitur HSTC harus dimatikan agar fitur G-Switch tersebut dapat berfungsi secara maksimal.

Nah, yang lebih canggih lagi adalah fitur G-Switch tersebut bekerja dengan dukungan sensor yang terdapat di roda depan maupun belakang yang menyatu dengan ABS. Sehingga apabila salah satu tidak berfungsi maka bisa mengganggu sistem kerja. Oleh karenanya, fitur ABS saat menggunakan G-Switch ini tidak boleh dimatikan.

Sejatinya, walaupun bisa diajak untuk off-road, namun Honda X-ADV ini hanya cocok untuk medan off-road yang tidak ekstrem. Sebagai contoh seperti medan pasir, gravel, genangan air, maupun gundukan tanah yang tidak terlalu tinggi.

Nah, itu saja sedikit informasi mengenai fitur canggih Honda X-ADV, semoga bermanfaat.

Baca juga:


Advertisements

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.