Honda CT125 Motor Bebek Trail Adventure dengan Desain Unik

Diposting pada

Honda CT125 Motor Bebek Trail Adventure dengan Desain Unik

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, di gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang masih berlangsung Honda memperkenalkan Honda CT125. Honda CT125 merupakan motor bebek dengan desain yang terkesan retro namun bergaya adventure. Namun, walaupun bergaya adventure di bagian belakang jok terdapat braket yang bisa digunakan untuk mengangkut barang. Honda CT125 ini merupakan reborn dari Honda CT110 yang menjadi pilihan dan terkenal sebagai kendaraan operasional tukang pos di Australia. Motor ini hadir dengan beberapa penyempurnaan yang salah satunya adalah pada mesinnya yang menggunakan kubikasi 125cc.

Honda CT125

Honda CT125 Motor Bebek Trail Adventure dengan Desain Unik

Berbicara mengenai spesifikasi mesinnya, motor ini menggunakan mesin 125 cc yang sama seperti pada Super Cub C125 ataupun Honda Honkey 125. CT sendiri jika tidak salah merupakan kependekan dari Cub Trail yang artinya memang motor bebek dengan genre adventure. Secara bentuk rangkanya memang hampir mirip-mirip dengan Super Cub C125, melainkan pada CT125 ini tidak banyak menggunakan bodi plastik seperti pada Super Cub.

Kita bahas desainnya mulai dari depan, lampu depannya berbentuk bulat berwarna hitam yang cukup besar. Lampu depannya tersebut sudah menggunakan lampu LED dengan bentuk mirip CB150R Exmotion. Lalu untuk panel instrumen berbentuk bulat yang sudah menggunakan indikator digital. Bentuknya kecil dan terlihat simpel seperti spedometer motor-motor jaman dulu.

Honda CT125

Kemudian beralih ke stangnya menggunakan stang seperti pada stang-stang motor trail yang lebar dan tinggi. Lalu spionnya berbentuk bulat khas motor-motor jaman dulu. Serta ada juga lampu sein yang berbentuk kotak besar dengan warna cover depan kuning. Dengan adanya lampu sein serta spion menandakan bahwa motor ini memang road legal dan bisa juga digunakan adventure.

Honda CT125

Beralih ke suspensi depannya memiliki travel yang cukup panjang mirip suspensi motor-motor sport dan sudah diberi cover untuk melindungi dari debu dan kotoran. Lalu untuk velgnya menggunakan velg jari-jari dan ban tentunya ban dual purpose khas motor trail. Untuk pengereman baik pada roda depan maupun belakang sudah menggunakan rem cakram dan ternyata sudah memiliki fitur ABS (Anti-lock Brake System) single channel.

Lanjut lagi ke belakang ada besi crash bar atau engine guard yang berfungsi untuk melindungi motor apabila terjatuh. Kemudian ada saluran udara intake yang desainnya dibuat memanjang dan ke atas di bagian belakang jok pengendara. Fungsinya untuk mencegah saluran tersebut terendam air saat digunakan menerjang banjir.

Kemudian desain joknya merupakan jok tunggal dan dibelakang jok terdapat braket untuk membawa barang. Di sisi kanan, ada knalpot dengan leher yang panjang dan posisinya berada di bawah jok seperti pada knalpot motor scrambler.

Kesimpulan

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah mungkinkah AHM mendatangkan motor ini untuk pasar Indonesia. Namun tentu saja apabila didatangkan secara impor harganya pasti akan mahal dan bisa setara dengan harga Super Cub C125 di Indonesia. Namun apabila diproduksi lokal tentu saja akan sangat banyak menekan biaya, dan tentunya harga jualnya akan lebih rasional untuk pasar Indonesia.

Itu saja sedikit informasi mengenai Honda CT125 yang merupakan motor bebek adventure dengan desain yang unik. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: tmcblog.com

baca juga:


Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.