Ini Efek yang Terjadi Jika Motor sering Mendapat Beban Berlebih

Motor roda dua, idealnya adalah hanya digunakan untuk satu atau dua orang. Namun, tak jarang motor digunakan untuk mengangkut beban yang melebihi kapasitas yang ditentukan. Nah, apabila motor kita sering digunakan untuk mengangkut beban berlebih, ada baiknya kita perhatikan bagian-bagian berikut ini.

Mesin

Dengan beban yang berlebih mesin motor akan cepat panas. Atau dapat diistilahkan mesin motor ngeden. Ketika membawa beban berlebih tentu kita akan memacu motor pada putaran tinggi, namun putaran mesin yang tinggi tersebut tidak berbanding lurus dengan kecepatan yang dihasilkan karena ada beban lebih. Nah, inilah yang membuat mesin cepat mengalami panas atau overheat. Efek dari mesin panas sangat beragam, mulai dari cepat ausnya komponen-komponen di dalam ruang bakar. Efek yang lainnya adalah getaran pada mesin juga akan semakin besar.

Suspensi/Shock Belakang

"DSCF8175"

Nah, ketika motor digunakan untuk membawa beban berlebih, bagian yang paling cepat terkena imbasnya adalah pada bagian suspensi atau shock belakang motor. Shock akan bekerja lebih keras dari biasanya dikarenakan adanya beban yang berlebihan tersebut. Sehingga ini dapat mengakibatkan umur shock itu sendiri menjadi pendek.

Rantai dan Gear

"DSCF8177"

Rantai dan gear juga akan terkena dampak dari beban yang berlebih. Karena rantai dan gear merupakan komponen penyalur perputaran mesin menuju ke roda untuk menghasilkan gerakan. Beban yang berlebih tersebut menyebabkan rantai bergesekan terlalu banyak dengan gear depan maupun belakang. Kondisi seperti inilah yang membuat gear dan rantai cepat aus.

Ban dan Velg

"DSCF8178"

Risiko paling akhir dari motor memuat beban berlebih adalah pada kondisi ban motor itu sendiri. Yang umum terlihat pada ban adalah alur ban semakin cepat habis dari kondisi normal tanpa beban berlebih. Bukan hanya ban saja, namun juga komponen yang ada pada velg seperti tromol dan bearing roda pun juga akan lebih cepat mengalami kerusakan apabila digunakan untuk beban berlebih.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.