in-display fingerprint sensor

Ini Prediksi Tren Smartphone 2019

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, tahun 2018 akan segera berakhir dan akan membuka lembaran baru di 2019. Perkembangan teknologi khususnya smartphone di tahun 2018 terbilang sangat pesat. Beberapa brand smartphone menciptakan smartphone dengan trend baru. Di 2018, tren smartphone identik dengan notch, dual atau tripel kamera, dan sensor biometrik. Nah, berbeda dengan di tahun 2018, prediksi tren smartphone 2019 sepertinya akan ada perkembangan dari tahun 2018. Seperti apa saja prediksi tren smartphone di tahun 2019 nanti. Berikut ini ulasannya.

Prediksi Tren Smartphone 2019

Layar Berlubang (Infinity-O Display)

Jika di tahun 2018 trennya adalah layar dengan poni (notch), maka di tahun 2019 nanti adalah eranya layar berlubang atau Infinity-O Display. Inovasi layar berlubang ini sebenarnya di akhir 2018 ini sudah ada pabrikan smartphone yang merilisnya. Namun baru ada Samsung dengan Samsung Galaxy A8s dan Huawei dengan Huawei Nova 4 nya. Layar berponi saat ini sudah menjadi hal yang mainstream bagi pengguna smartphone. Layar berponi pada akhirnya akan sedikit demi sedikit hilang tergantikan dengan layar berlubang (infinity-o display).

Nampaknya layar dengan bezel yang semakin tipis dan hilangnya notch akan menjadi tren baru bagi pabrikan smartphone di 2019. Dan diperkirakan mulai kuartal pertama 2019 akan banyak pabrikan smartphone yang menerapkan inovasi ini pada smartphone terbaru mereka. Sebagai contoh nantinya adalah pabrikan Honor yang akan memperkenalkan Honor View 20 di pertengahan Januari 2019 nanti.

In-display Fingerprint Sensor

Jika kita melihat di tahun 2018, salah satu fitur keamanan yang banyak disematkan pabrikan adalah fitur fingerprint sensor atau sensor sidik jari. Dikarenakan tren di 2018 yang identik dengan layar full display maka pabrikan smartphone banyak yang menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang bodi. Namun penempatan sensor sidik jari pada bagian belakang bodi dirasa mengurangi nilai estetika desain dari tampilan smartphone itu sendiri. Alhasil inovasi pun terus dikembangkan dan hingga terciptalah fingerprint sensor under dislay. Sensor ini menyatu dengan layar dan menjadi nilai tambah smartphone menjadi terlihat lebih canggih.

in-display fingerprint sensor

In-display Fingerprint sensor pertama kali diperkenalkan oleh Vivo pada smartphone flagshipnya. Dan diperkirakan di tahun 2019 nanti, akan banyak pabrikan smartphone yang akan mengikuti jejak Vivo dalam membenamkan sensor in-display fingerprint. Sebut saja Samsung yang diperkirakan akan membekali Samsung Galaxy S10 Series dengan sensor ini.

Menurut saya, setidaknya dua fitur di ataslah yang nantinya di tahun 2019 akan menjadi tren smartphone yang diproduksi. Bisa diperkirakan tahun 2019 adalah eranya smartphone dengan layar berlubang dan juga sensor in-display fingerprint.

Beberapa Inovasi Lain

Namun sebenarnya tidak hanya dua inovasi di atas yang akan menjadi tren di 2019 nanti. Sebenarnya masih ada inovasi lain yang semakin bagus namun belum akan booming di tahun 2019 nanti. Beberapa inovasi tersebut adalah hadirnya smartphone dengan teknologi 5G. Kemudian akan adanya smartphone dengan layar lipat, dan yang terakhir adalah semakin banyaknya penyematan kamera belakang.

Jika dilihat secara urut, untuk teknologi 5G masih terbatas pada pabrikan smartphone yang sebagian besar menggunakan Qualcomm untuk chipsetnya. Namun jika melihat dari kesiapan dari penyedia layanan 5G di beberapa negara, nampaknya butuh waktu tidak hanya setahun untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung layanan 5G.

Kemudian berbicara mengenai layar lipat, ini baru Samsung saja yang memperkenalkan smartphone layar lipatnya. Smartphone yang disebut-sebut mempunyai nama Samsung Galaxy F tersebut diperkirakan anak rilis di 2019. Namun nampaknya pabrikan smartphone lain masih belum akan mengikuti jejak Samsung tersebut. Tentunya mereka melihat dulu pasar smartphone apakah animo masyarakat besar terhadap smartphone layar lipat atau tidak.

Kemudian beralih mengenai inovasi penyematan jumlah kamera belakang yang semakin bertambah dirasa masih belum terlalu bermanfaat untuk saat ini. Jika kita lihat saat ini Huawei P20 Pro dan juga Mate 20 Pro sudah menggunakan tiga kamera dan hasilnya tentu saja memuaskan. Namun apabila akan ditambah lagi jumlah kamera dirasa malah akan mubazir dan kurang menyasar konsumen.

Nah, itu saja sedikit informasi mengenai prediksi tren smartphone 2019 yang akan banyak kejutan dan inovasi baru tentunya. Semoga bermanfaat.

baca juga:


Advertisements
  •  
    3
    Shares
  •  
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Ini Prediksi Tren Smartphone 2019

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.