Italjet Dragster, Motor Matik Berdesain Radikal dari Italia

Diposting pada

Italjet Dragster, Motor Matik Berdesain Radikal dari Italia

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, mendengar nama Italjet pastinya banyak yang belum familiar terutama di Indonesia. Italjet merupakan produsen otomotif roda dua dari Italia. Italjet berkantor pusat di Castel San Pietro Terme, Bologna, Italia dan pertama kali berdiri pada tahun 1959. Salah satu motor konsep dari Italjet yang paling radikal dan terkenal adalah Italjet Dragster dan bisa disebut sebagai urban superbike karena desainnya yang anti-mainstream.

Italjet Dragster

Italjet Dragster, Motor Matik Berdesain Radikal dari Italia

Italjet Dragster memiliki dua varian yaitu Italjet Dragster 125 dan 200. Nah, pada gelaran EICMA 2019 yang berlangsung di Milan Italia, Italjet kembali memamerkan kedua skutik dengan desain radikal tersebut kepada publik. Di tahun 2018 kedua motor ini juga sudah pernah dipamerkan dalam EICMA yang masih berupa prototipe namun belum final. Dan akhirnya, di 2019 ini Italjet Dragster sudah memasuki tahap final dan nantinya wujud yang akan dijual ke pasaran tidak berbeda jauh dengan yang dipajang di EICMA 2019 ini.

Italjet Dragster

Rencananya kedua motor ini akan mulai diproduksi di tahun 2020 nanti oleh Italjet di pabrik barunya yang berlokasi di Bologna. Nantinya akan tersedia tiga pilihan warna untuk Italjet Dragster ini yaitu merah putih, abu-abu kuning, dan orange.

Desain

Italjet Dragster

secara desain, motor ini seperti yang saya jelaskan di atas yaitu desainnya radikal dan anti-mainstream. Untuk framenya menggunakan rangka tubullar tanpa ditutup cover bodi plastik yang menjadikannya terlihat kekar. Selain itu pemilihan warna rangka dibuat kontras untuk menunjukkan keradikalannya. Untuk suspensi depannya menggunakan single arm sedangkan untuk suspensi belakangnya posisi berada di bagian tengah bodi. Penempatan suspensi yang tak lazim untuk ukuran motor matik.

Shape-shape dari bodinya terlihat lancip dan terkesan seperti bukan merupakan motor biasa. Kemudian beralih ke bagian spakbor belakang disematkan mudguard yang menggantung di atas rodanya. Bagian depan pada lampu sein penempatannya juga tak biasa untuk ukuran matik yaitu di tempatkan pada handguard.

Untuk ukuran velgnya, bagian belakang menggunakan ring 13 inchi dengan ban ukuran 150/70-13 sedangkan untuk depan menggunaknan ring 12 inchi dengan ban berukuran 120/70-12.

Harga

Motor ini akan di jual ke beberapa negara di kawasan Eropa seperti Inggris, Jerman, dan beberapa negara lainnya. Motor ini baru akan tersedia di musim semi 2020 dan dijual dengan harga 4.900 euro untuk yang varian125. Jika dirupiahkan sekitar 75 juta rupiah. Sementara itu untuk varian 200 dijual dengan harga 5.400 euro atau jika dirupiahkan sekitar 83,7 juta rupiah. Untuk tahap pertama Italjet memasarkan edisi spesial perdana (first edition) yang dilengkapi dengan identitas nomor urutan produksi yang hanya dijual sebanyak 499 unit saja.

Nampaknya kita harus bersabar untuk mendapatkan motor ini dan semoga saja ada importir ataupun APM yang mau membawa motor ini untuk pasar Indonesia. Semoga bermanfaat.

baca juga:


Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.