Kang Iwan Banaran Berbagi Tips tentang Dunia Blog Otomotif

Sobat cahbrogo, melanjutkan cerita tentang kedatangan Mas Iwan Banaran yang diundang secara khusus oleh Astra Motor Semarang untuk menjadi narasumber bagi para blogger dan vlogger Jawa Tengah. Melalui workshop kecil, Kang Iwan Banaran berbagi tips tentang dunia blog otomotif kepada kami para blogger dan vlogger Jawa Tengah. Beliau mengawali ceritanya tentang perjalanan hidup beliau mulai dari awal suka dengan dunia otomotif dan kemudian memutuskan untuk membuat blog.

Inspirasi beliau untuk menulis melalui blog adalah dari blognya Kang Ilham Cafe Biker dan juga blog zuragan Triatmono. Banyak sekali ujian yang menghadang beliau ketika menekuni dunia menulis di blog. Hingga pada akhirnya beliau memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan menjadi seorang full time blogger. Seiring dengan waktu dan bertambahnya pengalaman, menjadikan beliau ini seorang blogger papan atas di Indonesia.

Berbagai event dan acara baik nasional maupun internasional pun pernah beliau sambangi. Bahkan sekelas legenda MotoGP mbah Valentino Rossi pun pernah beliau wawancarai. Nah, pada kesempatan workshop kemarin, Kang Iwan Banaran berbagi tips dan pengalaman dalam dunia blog otomotif agar tetap eksis dalam menjalankan hobinya.

Berikut ini 7 Kunci Penting bagi seorang Blogger yang harus dipahami akan sukses menjadi seorang Blogger Otomotif.

Jangan Jadikan Materi Sebagai Tujuan Utama dalam Ngeblog

Pesan Kang Iwan Banaran yang pertama, yaitu jangan menjadikan materi atau uang sebagai tujuan utama kita dalam melakukan ngeblog. Tapi memang tidak kita pungkiri bahwa siapa sih yang nggak pengen dengan uang, jian wong edan yen ra gelem karo duit. Memang benar kita butuh akan materi atau uang, tapi ketika kita melakukan ngeblog jangan jadikan materi sebagai tujuan utama kita. Karena ketika awal-awal ngeblog akan sangat sulit mendapatkan materi. Niatkan dalam hati kita bahwa ngeblog merupakan hobi kita, jika kita konsisten dalam menelurkan tulisan-tulisan, maka dengan sendirinya uang akan datang menghampiri kita.

Cintai dengan Sepenuh Hati. Passion dan Lakukan dengan Fun

Kedua, jika kita terjun ke dunia blog otomotif, maka kita harus mencintai otomotif. Akan sangat keliru jika kita mencintai tentang makanan, namun kita dalam menulis blog tentang otomotif. Jadi jika kita ingin menjadi blogger otomotif maka kita harus terlebih dahulu mencintai segala hal yang berbau otomotif. Dengan begitu kita akan sepenuh hati dalam menulis dan merasa senang dengan tulisan-tulisan kita.

Konsisten dalam Menelurkan Artikel

Ketiga, ini yang paling sulit dalam dunia ngeblog, yaitu konsisten dalam menuliskan artikel. Tentu ada saat dimana kita sedang semangat-semangatnya untuk nulis, dan terkadang ada waktu ketika kita sangat malas untuk menulis. Namun yang dibutuhkan bagi seorang blogger otomotif untuk sukses adalah konsisten mereka dalam menelurkan artikel-artikel. Paling tidak setiap hari ada satu artikel yang wajib ditulis jika ingin pembaca tetap setia mengunjungi blog kita.

Cari Materi yang Disukai dengan Cara Menyelami Keinginan Biker

Keempat adalah mencari sumber referensi ataupun materi yang banyak dicari oleh para biker. Biasanya yang banyak dicari adalah tentang info produk motor terbaru, berita motoGP, tips dan trik sepeda motor, DIY memperbaiki atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan motor, dan juga berita-berita terbaru dunia motor. Atau juga mencari sumber referensi dari media-media otomotif baik dari dalam maupun luar negeri yang bisa menjadi rujukan kita dalam menulis artikel.

Gunakan Bahasa yang Ringan Seperti Kita Berbicara dengan Teman Sendiri

Kelima, menggunakan bahasa yang ringan. Bagi saya ini tantangan yang sagat sulit karena memang gaya penulisan saya terkesan formal. Tidak seperti gaya tulisan mas Iwan Banaran yang bisa lebih ada keakraban dengan para pembacanya. Juga jangan ragu untuk memunculkan imbuhan kata-kata khas tentang kita, sebagai contoh seperti jos gandos, warung papan triplex, salam satu janda (:D semoga yang bersangkutan nggak baca), dan lainnya.

Optimalkan Sosial Media untuk Mendapatkan Trafik Tambahan

Keenam, memanfaatkan kemudahan promosi melalui sosial media. Saat ini yang paling populer untuk digunakan adalah Instagram dan juga Facebook. Jika kita bisa memanfaatkan kedua sosial media tersebut maka kita bisa menjaring lebih banyak lagi pembaca yang akan berkunjung dan bahkan menjadi pembaca tetap di blog kita.

Pelajari SEO (search engine optimization)

Ketujuh dan yang terakhir serta yang paling sulit adalah mempelajari tentang SEO. Selain cara-cara di atas paling tidak kita juga harus bisa mempelajari tentang SEO karena dengan ilmu SEO ini kita bisa mengotimalkan blog kita agar dapat terbaca ketika disearch melalui mesin pencari. Ada banyak cara yang bisa kita pelajari dalam SEO ini karen banyak juga tulisan di internet yang membahas tentang SEO.

Hakikat seorang blogger ”Cintai dan selalu fun untuk menulis tanpa ditunggangi ambisi yang malah akan merusak tujuan utama nanti”.

Nah, itu tadi ketujuh tips dari Kang Iwan Banaran jika kita ingin sukses dalam dunia blog otomotif. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
Phone: 085741994790
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: cahbrogo
Facebook: Budi Santoso
===============================

Advertisements

5 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Lagi, Astra Motor Center Semarang Ajak Blogger Jateng ikuti Workshop Blogging Bersama IWB | cahbrogo.net

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.