Kawasaki EV Project

Kawasaki EV Project, Motor Listrik dengan Sensasi Gear Shifting

Diposting pada

Kawasaki EV Project, Motor Listrik dengan Sensasi Gear Shifting

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, sekarang ini sudah banyak produsen otomotif yang mulai serius terhadap langkah elektrifikasi untuk masa depan. Salah satu yang juga ikut mulai mencoba untuk masuk elektrifikasi adalah pabrikan Kawasaki. Pabrikan otomotif roda dua asal Jepang ini baru-baru ini memajang Kawasaki EV Project di gelaran EICMA 2019. Walaupun baru sebatas prototipe, namun ini menjadi bukti serius bahwa Kawasaki juga ingin masuk ke dalam elektrifikasi.

Kawasaki EV Project, Motor Listrik dengan Sensasi Gear Shifting

Sebenarnya bukan baru-baru ini Kawasaki mengembangkan sepeda motor listrik ini, melainkan sudah bertahun-tahun yang lalu. Dan baru kali ini Kawasaki berani untuk memperkenalkan bagaimana penggerak motor listriknya untuk elektrifikasi di motornya kelak. Walaupun hanya berbentuk prototipe, namun ternyata Kawasaki mengaku sudah melakukan tes EV Project ini di trek dan juga jalanan di Jepang.

Kawasaki EV Project

Apabila pada motor/skuter listrik konvensional untuk penggeraknya menggunakan motor listrik, namun berbeda dengan Kawasaki EV Project ini. Sistem penggerak Kawasaki EV Project ini berbeda dengan sepeda motor listrik lainnya. Sistem penggeraknya tidak berupa motor listrik hub atau dengan final gear single speed. Melainkan bahwa motor listrik yang ada di dalamnya itu hanya menggantikan silinder ruang bakar saja.

Penggerak motor listrik hanya digunakan sebagai penghasil daya saja, kemudian momen puntir itu diteruskan ke rangkaian transmisi. Dan akhirnya hingga final drive menuju ke bagian roda. Sehingga feel EV Project ini masih akan tetap sama seperti menggunakan motor pada umumnya yaitu dengan melakukan gear shifting.

Tujuannya yaitu membuat pengguna walaupun menggunakan sepeda motor listrik namun sensasi berkendaranya masih akan tetap sama seperti mengendarai motor konvensional.

Kawasaki EV Project

“Kami tidak hanya ingin membuat EV untuk penggemar sepeda listrik,” kata Lambert seperti yang dikutip MCN, (7/11/2019). “Kami mulai dengan memikirkan apa yang diinginkan penggemar Kawasaki dari sepeda motor listrik, namun dengan perasaan keterlibatan yang penting bagi banyak pengendara sepeda motor, yakni gear shifting.”

Nah, itu saja sedikit informasi mengenai Kawasaki EV Project yang baru saja diperkenalkan Kawasaki di EICMA 2019. Semoga bermanfaat.

baca juga:


Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.