Kelebihan dan Kekurangan Ninja 250 FI

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Kawasaki Ninja 250 telah lama mengaspal dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Hal inilah yang semakin memperkuat imej bahwa motor sport fairing kencang itu ya Ninja. Sebelum datangnya Yamaha R25 dan juga Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 penjualannya merajai pasar di Indonesia. Motor ini juga dinilai sebagai pilihan tepat untuk naik kelas dari 150 cc ke 250 cc. Namun dibalik superior Kawasaki Ninja 250 FI sekarang ini tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Apa saja kelebihan dan kekurangan Ninja 250 FI? Berikut ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Ninja 250 FI

Produk buatan manusia memang tidak ada yang sempurna, tak terkecuali Ninja 250 FI. Walaupun memiliki segala kesempurnaan, namun tetap ada beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan yang lain. Dan tentunya sebelum meminang sebuah motor patut dipertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Ninja 250 FI yang bisa saya ulas.

Kelebihan

Keunggulan atau kelebihan yang pertama dari motor ini adalah memiliki bobot yang ringan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Selain itu, dari beberapa kompetitornya, Ninja 250 FI memiliki berat juga yang paling ringan. Nilai plusnya, dengan bobot yang ringan motor menjadi lebih mudah untuk diajak bermanuver dan juga dikendarai untuk selap-selip.

Kemudian kelebihan selanjutnya adalah motor ini memiliki desain yang lebih keren dibandingkan dengan versi sebelumnya. Desain Ninja 250 FI menjadi lebih tajam dan juga terlihat lebih ramping. Kemudian selanjutnya adalah pada varian SE (MDP) telah dibekali dengan smart key atau keyless. Smart Key pada Kawasaki Ninja 250 FI ini memiliki nama KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System) yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya.

kelebihan dan kekurangan ninja 250 fi

Kawasaki Ninja 250 FI juga telah dibekali dengan fitur Assist and Slipper Clutch yang membuat pengoperasian tuas kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi menjadi lebih lembut. Selain itu juga pada instrumen indikatornya, pada motor ini menampilkan beragam indikator yang termasuk lengkap dengan kombinasi indikator digital dan analog.

Kemudian untuk mesinnya, Ninja 250 FI ini menggunakan mesin dengan kubikasi 249 cc parallel-twin DOHC delapan katup. Dan untuk kompresinya yaitu pada rasio 11.6:1 dengan bore x stroke 62 mm x 41,2 mm. Mesin tersebut dapat menghasilkan power maksimal hinga 38,4 HP pada 12.500 rpm. Sementara itu untuk torsi maksimalnya berada di angka 23,5 Nm pada 10.000 rpm.

Kekurangan

Setelah membahas berbagai kelebihan, tentu selanjutnya kita akan membahas mengenai kekurangan atau kelemahan yang ada di Ninja 250 FI ini. Untuk yang pertama kita mulai dari fitur moge yang sudah diterapkan pada pesaingnya Honda CBR250RR yaitu Throttle By Wire masih nihil di Ninja 250 FI. Kemudian selanjutnya adalah karena bodinya yang menjadi lebih ramping, maka kapasitas tangki bahan bakarnya juga menyusut. Ninja 250 FI hanya memiliki tangki yang mampu menampung bahan bakar sebanyak 14 liter saja.

kelebihan dan kekurangan ninja 250 fi

Kemudian beralih ke suspensi, dikala kompetitor-kompetitornya sudah menggunakan suspensi depan inverted fork (upside down). Kawasaki masih setia menggunakan suspensi teleskopik walaupun diameternya dibuat menjadi 41 mm. Sebagai motor dengan DNA balap, sudah seharusnya fitur Anti-lock Brake Stsyem (ABS) menjadi standarnya. Namun pada Ninja 250 FI ini fitur ABS hanya ada pada varian tertinggi saja. Sementara untuk varian standar masih belum diaplikasikan. Terakhir adalah harga Kawasaki Ninja 250 yang lebih mahal dibandingkan dengan merek yang lain di varian terendahnya.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Ninja 250 FI. Semoga bermanfaat.

baca juga:


Advertisements

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.