yamaha xsr155 thailand

Komparasi Yamaha XSR155 dengan Honda CB150R Exmotion, Pilih Mana?

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Yamaha Thailand beberapa waktu yang lalu secara resmi memperkenalkan Yamaha XSR155 yang berkonsep motor retro dengan sentuhan modern. Yamaha XSR155 ini merupakan bagian dari keluarga besar Sport Heritage Yamaha seperti Yamaha XSR700 dan XSR900. Dan sebelum Yamaha XSR155 lahir, sudah ada terlebih dahulu Honda CB150R Exmotion yang juga mengaspal di Thailand. Honda CB150R Exmotion ini juga mengusung konsep motor retro namun lebih mengarah kepada neo sport cafe dengan sentuhan fitur modern. Lalu siapakah yang unggul diantara kedua motor sport retro 150 cc ini? Berikut komparasi Yamaha XSR155 dengan Honda CB150R Exmotion.

Komparasi Yamaha XSR155 dengan Honda CB150R Exmotion, Pilih Mana?

Seperti yang kita tahu, kedua motor ini memang belum secara resmi mengaspal di Indonesia. Untuk Yamaha XSR155 masih ada kemungkinan Yamaha Indonesia akan memboyongnya ke sini. Sementara untuk Honda CB150R Exmotion, nampaknya belum ada tanda-tanda dalam waktu dekat AHM akan memboyongnya ke sini. Kedua motor ini sama-sama mengusung konsep motor retro dengan sentuhan beberapa fitur modern.

Melihat dari rangka yang digunakan, kedua motor ini memang beda. Honda CB150R Exmotion menggunakan rangka jenis Inner Pivot tipe Diamond yang ringkas dan ringan. Sementar untuk Yamaha XSR155 menggunakan rangka deltabox. Kedua tipe rangka ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk rangka jenis inner pivot ini memang terlihat lebih ringkas dan ringan, namun untuk masalah handling cukup standar. Sementara itu rangka deltabox walaupun memang lebih berat dan memakan ruang yang banyak, namun handling dari motor berangka deltabox terbilang lebih stabil.

Dari sisi tampilan, CB150R Exmotion terlihat lebih sporty jika dibandingkan dengan XSR155. Hal ini karena pengaplikasian tangki yang lebih proporsional dan juga knalpot underbelly yang terlihat lebih terkesan seperti moge dan sporty dibanding XSR155. Sementara jika berbicara mengenai masalah ke-retro-an, maka XSR155 lebih mengena, hal ini karena terlihat dari desain jok dan juga ekornya yang khas motor retro.

Kemudian beralih ke desain lampu utamanya sama-sama memiliki bentuk bulat dan sudah menggunakan LED. Hanya saja untuk lampu seinnya berbeda, CB150R Exmotion sudah menggunakan sein LED sementara XSR155 masih menggunakan sein bohlam. Untuk spedometernya pun juga berbeda. XSR155 lebih mengarah ke klasik dengan desain berbentuk bulat. Sedangkan CB150R lebih mengarah ke modern dengan berbentuk kotak memanjang dan indikator full digital.

Suspensi depan sama-sama menggunakan suspensi upside down sedangkan pada bagian belakang juga sama-sama mengunakan monoshock. Untuk ukuran velg, juga masih sama berukuran diameter ring 17 inchi. Untuk bannya, bagian depan sama yaitu mengunakan ukuran 110/70. Sementara untuk bagian ban belakang lebih berbeda karena milik CB150R lebih besar dengan profil 150/60. Namun XSR155 unggul karena memakai ban bertipe dual purpose yang bisa untuk segala medan jalan.

Untuk pengereman, sama-sama sudah menggunakan rem cakram baik depan maupun belakang. Hanya saja yang membedakan adalah tipenya yaitu CB150R menggunakan tipe wavy disc serta sudah dilengkapi dengan fitur ABS, sementara XSR155 belum.

Mesin

yamaha xsr155 thailand

Namun akan lain halnya jika berbicara mengenai spesifikasi mesinnya Di sektor mesin, XSR155 lebih unggul jika dibandingkan dengan CB150R. Hal ini dikarenakan XSR sudah menggunakan mesin terbaru yang sama yang digunakan pada MT15, New R15, dan New Vixion. Powernya pun juga cukup besar yaitu 19 HP berbeda dengan CB150R yang hanya 16,8HP. Sangat jauh perbedaan power kedua motor ini. Kemudian dari segi harga, Yamaha lagi-lagi unggul karena XSR155 dijual dengan harga 91,500 Baht atau sekitar Rp 42 jutaan. Sementara CB150R Exmotion dijual dengan harga 99,800 sampai 109,800 Baht atau berkisar antara Rp 45 juta hingga Rp 50 jutaan.

Last, itu tadi sedikit informasi mengenai komparasi Yamaha XSR155 dengan Honda CB150R Exmotion. Keduanya memiliki keunggulan dan juga tentu saja kekurangan. Tinggal bagaimana konsumen akan menentukan piihan, mau memboyong XSR atau CB150R. Dan semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

baca juga:


Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.