stnk elektronik

Korlantas Polri akan Segera Rilis STNK Elektronik

Diposting pada

Korlantas Polri akan Segera Rilis STNK Elektronik

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, setelah pada bulan kemarin secara resmi Korlantas Polri merilis smart sim atau sim elektronik, kini ada inovasi baru lagi yang akan dikembangkan. Kabarnya Korlantas Polri akan menghadirkan stnk elektronik atau juga yang bisa disebut dengan e-stnk. Hal ini tentu saja untuk meneruskan program digitalisasi yang sudah mulai diberlakukan di beberapa instansi pemerintah.

Korlantas Polri akan Segera Rilis STNK Elektronik

Walaupun masih dalam tahap pembahasan, namun rencana untuk beralih ke STNK elektronik ini sudah hampir rampung dan akan segera diberlakukan. Nantinya E-STNK atau STNK elektronik ini akan berbentuk kartu seperti pada Smart SIM. Ada beberapa keuntungan atau kemudahan ketika sudah beralih ke model e-stnk ini. Kemudahan tersebut yaitu antara lain mudah disimpan, modernisasi pencatatan dan penyimpanan data. Serta tahan terhadap lipatan serta cuaca dan tidak mudah untuk dipalsukan.

stnk elektronik

STNK elektronik yang berbentuk kartu tersebut akan terdapat chip yang berisi data dari pemilik kendaraan yang terdaftar pada stnk. Kemudian kartu ini akan dapat diintegrasikan dengan aplikasi layanan lain seperti untuk membayar biaya parkir dan juga biaya tol. Dengan adanya chip tersebut juga dapat mencatata data pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi. Dapat pula melakukan pencatatan besaran pajak kendaraan dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran denda tilang.

Saat ini infrastrukturnya tengah dipersiapkan oleh Korlantas, dan jika sudah dirasa cukup siap dan lengkap pasti akan segera diberlakukan. Nah, itu saja sedikit informasi mengenai rencana hadirnya STNK elektronik yang digagas oleh Korlantas Polri untuk digitalisasi dan memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan. Semoga bermanfaat.

baca juga:


Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.