Mengenal Husqvarna TC 85, Trail Berkubikasi Kecil yang Tangguh dari Swedia

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, mendengar nama Husqvarna tentu kita akan langsung berpikiran mengenai motor trail yang mahal. Yups, memang betul motor-motor produksi Husqvarna bisa dikatakan mahal untuk ukuran orang awam. Namun jika sudah mengetahui mengenai kualitas dan juga performa dari motor ini, pastinya tidak akan ragu untuk membelinya. Salah satu motor Husqvarna yang walaupun berkubikasi kecil namun juga handal adalah Husqvarna TC 85.

Mengenal Husqvarna TC 85, Trail Berkubikasi Kecil yang Tangguh dari Swedia

Seperti yang kita tahu bahwa Husqvarna merupakan produsen motor spesialis motor-motor trail, supermoto, dan enduro dari Austria. Husqvarna pertama kali didirikan pada tahun 1689 yang pada awalnya adalah perusahaan senjata atas perintah raja Swedia kala itu. Kemudian baru di tahun 1896, Husqvarna memproduksi pertama kali sebuah sepeda kayuh dan baru pada 1903 berhasil menciptakan sepeda bermesin (motor).

Dalam setiap produksinya, untuk semua produknya Husqvarna tidak tanggung-tanggung. Mereka selalu memperhatikan mengenai kualitas dan juga performa motor-motor yang diproduksi. Salah satunya adalah Husqvarna TC 85. Untuk ukuran masyarakat awam, motor ini terbilang cukup mahal karena dijual dengan harga 99,5 juta rupiah. Saat ini ada dua versi dari TC 85 yaitu yang menggunakan ring ban 17/14 dan 19/16. Dan yang akan kita bahas di sini adalah varian TC 85 19/16.

Desain

Berbicara mengenai desain, karena motor ini memang dikhususkan untuk cross, maka tidak banyak ornamen pendukung yang terpasang di motor ini. Seperti headlamp, stoplamp, lampu sein, dan bahkan spedometer tidak disematkan pada motor ini. Dengan berkurangnya beberapa ornamen tersebut, maka akan semakin membuat ringan bobot motor ini.

Headlamp yang absen pada motor ini ditutup atau digantikan dengan ornamen plastik untuk mentutupi kekurangan wajahnya. Kemudian berbicara mengenai varian pilihan warna Husqvarna hanya menyediakan satu pilihan warna yaitu putih. Namun tentu saja ada ornamen warna lain untuk mempercantik penampilan yaitu warna kuning yang terdapat pada cover shock depan dan juga bodi samping. Kemudian ada warna biru tua pada jok pengendara supaya lebih kontras dan menarik.

Untuk velgnya menggunakan velg Excel Takagaso yang dibalut dengan ban pacul dari Maxxis. Untuk diameter roda depan yaitu 90/100 ring 19 dan untuk roda belakang yaitu 120/90 ring 16. Walaupun menggunakan ukuran ban yang tidak terlalu besar, namun ternyata ketinggian joknya termasuk tinggi yaitu diangka 890 mm.

Mesin

Untuk mesinnya, sesuai dengan namanya motor ini memang tidak memiliki kubikasi yang besar, yaitu hanya 84,9 cc 2 tak. Namun jangan salah, walaupun hanya memiliki kubikasi yang kecil, ternyata menyimpan tenaga dan torsi yang luar biasa untuk motor ini. Ukuran diameter x langkahnya sebesar 47 x 48,95 mm yang artinya overstroke yang cukup agresif di putaran bawah. Untuk pendinginan mesinnya, motor ini menggunakan radiator yang diletakkan dibalik rangka tulang depan. Motor ini dilengkapi dengan gearbox transmisi 6 percepatan untuk menyalurkan tenaganya.

Rangka dan Suspensi

Rangka dan suspensi menjadi komponen yang paling utama selain dari mesin karena ini adalah motor cross/trail. Untuk desain rangkanya menggunakan Central double-cradle-type 25CrMo4 steel. Kemudian untuk suspensi depannya menggunakan suspensi upside down dengan travel 278 mm. Sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan tipe XACT WP PDS mono shock dengan travel 305 mm.

Pengeremannya untuk bagian roda depan dan belakang sudah menggunakan rem cakram dengan model bergelombang (wave). Berat motor ini juga cukup ringan yaitu hanya sekitar 68 kg saja saat tidak diisi dengan bahan bakar. Kemudian untuk kapasitas tangki bahan bakarnya yaitu diangka 5,2 liter.

Husqvarna TC 85 ini memang sangat cocok untuk pemula dengan kubikasi yang tidak terlalu besar namun tetap beringas. Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Husqvarna TC 85, semoga bermanfaat.

Baca juga:


Advertisements
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.