Mengenal Paxel, Startup Logistik yang Siap Antarkan Kebaikan ke Seluruh Negeri

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, bisnis dalam bidang pengiriman barang (logistik) saat ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Seiring dengan tumbuhnya beragam jenis e-commerce maka jasa pengiriman barang pun menjadi hal yang sangat dibutuhkan baik penjual maupun pembeli. Salah satu startup baru yang mulai masuk dalam bisnis pengiriman barang (logistik) adalah Paxel. Apa itu Paxel? Apa perbedaannya dengan jasa pengiriman barang yang lain? Kebetulan pada 25 November 2018 saya menghadiri undangan Gathering Blogger Solo bersama Paxel. Dan pada acara tersebut dijelaskan secara lengkap mengenai Paxel, mulai dari sejarah, tujuan, layanan, dan visi ke depannya. Dan berikut ini ulasan lengkap mengenai Paxel.

Mengenal Paxel, Startup Logistik yang Siap Antarkan Kebaikan ke Seluruh Negeri

Seperti yang saya jelaskan di atas, Paxel merupakan startup logistik yang melayani jasa pengiriman barang dalam kota dan antar provinsi dengan layanan same day delivery. Selain itu keunggulan yang ditawarkan oleh Paxel adalah harganya yang flat mau ukuran berapapun dan selama masih dalam wilayah yang sama harganya sama. Keunggulan lain dari Paxel adalah baik penjual maupun pembeli dapat memantau barang secara realtime.

Awal mula berdirinya Paxel adalah ide startup yang digagas oleh foundernya yaitu Bapak Jauhari Zein yang juga merupakan salah satu mantan CEO dari perusahaan logistik besar di Indonesia. Beliau menceritakan mengenai awal mula berdirinya Paxel atas dasar ingin menciptakan jasa pengiriman barang yang berbeda. Perjalanan spiritual beliau juga mempunyai andil besar dalam menciptakan Paxel hingga menjadi startup yang berbeda dari kebanyakan jasa pengiriman barang lain. Selain itu, beliau juga mempunyai tujuan mulia dari didirikannya Paxel yaitu melakukan kegiatan sosial dengan cara sedekah. Prinsipnya adalah Jika kita berbuat kebaikan Pasti Tuhan (Allah swt.) tidak Akan Tinggal Diam.

Saat ini Paxel sudah hadir di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Dan kedepannya menyusul Surabaya, Malang, dan juga Bali yang akan menjadi tujuan didirikannya Paxel. Di tahun 2019, Paxel juga mempunyai rencana untuk membuka cabang di wilayah Kalimantan dan Sumatra. Dengan mengusung tagline “Make The First Move” Paxel ingin memberikan pengalaman berbeda dalam hal pengiriman barang/paket. Make The First Move memiliki arti memberikan pengalaman pertama untuk melayani, berkontribusi, memberi solusi, dan mengerti kebutuhan pengguna.

Paxel identik dengan warna ungu dan juga kuning yang merepresentasikan sifat atau karakter yang kuat, unik, dan elegan. Sementara warna kuning merepresentasikan sifat ceria, cerah, bahagia, energik, dan optimis.

“Paxel” Aplikasi yang Memudahkan dalam Pengiriman Barang

Menggunakan Aplikasi Paxel untuk Mengirim Barang

Nah, bagi yang penasaran dengan Paxel, bisa langsung download dan instal aplikasinya yang sudah tersedia untuk iOS dan juga Android. Setelah itu kita akan diarahkan untuk membuat akun dengan mengisi nama dan alamat kita. Dengan memasukkan kode referal budi_cahbrogo, sobat akan bisa mendapatkan saldo awal sebesar 100 ribu rupiah dan dapat langsung digunakan untuk mengirim barang. Namun untuk di Kota Solo alamat pengirim dan penerima baru bisa melayani khusus Kota Solo. Untuk wilayah Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Klaten, dan Sragen masih belum bisa melayani.

Proses Pengiriman Barang

Cara penggunaannya pun juga cukup mudah, cukup tekan tombol “buat pengiriman” yang terletak di bagian bawah. Kemudian pilih lokasi pengambilan dan tujuan, lalu tekan Lanjut. Kemudian akan ada pilihan besar paket yang akan dikirimkan. Besar paket tersebut ada empat pilihan yaitu small, medium, large, dan custom. Kemudian setelah itu tekan Lanjut dan kita akan diarahkan untuk mengisi nama dan nomor telepon penerima, selain itu juga memilih jenis barang yang dikirim.

Setelah selesai semua, aplikasi akan menampilkan detail mengenai pengiriman tersebut. Dan pengguna tinggal mengkonfirmasi mengenai proses pengiriman barang tersebut dengan menekan tombol yang tersedia. Dan kemudian setelah itu kita tinggal menunggu paket dijemput oleh Happiness Hero (kurir) ke lokasi pick up yang sudah ditentukan. Sebelum menjemput barang, Happiness Hero akan menghubungi pengirim untuk konfirmasi mengenai tempat dan waktu penjemputan barang.

Dan setelah hero sampai ke lokasi pick up, maka mereka akan mengecek dan mengukur barang apakah termasuk kategori small, medium, large, atau custom. Mereka juga akan mengemas ulang apabila memang diperlukan untuk mengemas ulang barang yang akan dikirim tersebut.

Sistem Locker dan Estafet

Barang tersebut selanjutnya tidak langsung dikirimkan langsung ke tujuan, melainkan akan dibawa Happiness Hero menuju ke Locker-locker Paxel terdekat. Kemudian pengiriman barang tersebut akan dilakukan secara estafet oleh feeder hingga nantinya barang tersebut sampai di Locker yang paling dekat dengan penerima barang.

Proses pengirimanpun berlanjut oleh Happiness Hero di lokasi terdekat penerima. Sebelumnya, Happiness Hero akan menginformasikan mengenai pengiriman barang dan mengkonfirmasi mengenai tempat dan waktu yang tepat kepada penerima. Semua proses perjalanan pengiriman barang di atas dapat dipantau oleh pengirim secara realtime melalui aplikasi. Dan setelah sampai di lokasi penerima, Happiness Hero akan akan meminta untuk memfoto penerima dan tanda tangan sebagai bukti pengiriman barang telah sampai.

Dengan adanya sistem yang tertata rapi tersebut maka, Paxel dapat menjadi alternatif dan terobosan baru dalam startup bidang logistik di Indonesia. Dan tentu saja ini akan sangat memberikan kemudahan bagi pengirim maupun penerima untuk mengantarkan barang.

Jaminan Paxel bagi Pengguna

Paxel selalu berkomitmen untuk selalu #AntarkanKebaikan bagi masyarakat Indonesia. Paxel pun juga memberikan nilai lebih dengan jaminan uang kembali apabila ada keterlambatan dalam pengiriman. Selain itu, Paxel juga memberikan jaminan ganti rugi apabila paket mengalami kerusakan dalam proses pengiriman. Besarnya nilai ganti ruginya pun juga tidak main-main yaitu bisa sampai 10 juta rupiah untuk biaya ganti rugi apabila paket rusak. Tentu saja besarnya ganti rugi akan disesuaikan dengan nilai paket yang rusak tersebut. Selain itu tarif yang flat untuk dalam kota, Jabodetabek, dan juga untuk wilayah Solo, Semarang dan Yogyakarta juga menjadi nilai lebih yang lainnya.

Peduli terhadap Sesama

Paxel juga mempunyai program yaitu 25 shipment = Helping Support 1-Day Life of Children with Cancer. Artinya, yaitu setiap 25 kali pengiriman yang kita lakukan melalui Paxel artinya kita juga turut membantu anak-anak penderita penyakit kanker. Karena seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa Paxel tidak hanya mencari profit semata, namun juga peduli terhadap sesama. Bantuan atau alokasi dana untuk sosial akan disalurkan kepada yayasan sosial yang telah bekerja sama dengan Paxel. Salah satu yayasan tersebut adalah Rumah Harapan Indonesia yang merupakan yayasan sosial yang peduli terhadap anak-anak yang menderita penyakit seperti kanker, tumor, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai startup Paxel yang merupakan aplikasi jasa pengiriman barang yang menawarkan hal berbeda bagi masyarakat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Advertisements
  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 thoughts on “Mengenal Paxel, Startup Logistik yang Siap Antarkan Kebaikan ke Seluruh Negeri

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.