sirkuit mandalika lombok

MotoGP Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, tidak hanya sekadar impian, Indonesia patut berbangga karena di tahun 2021 nanti akan menjadi tuan rumah MotoGP. Tidak hanya MotoGP yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2021 nanti tetapi juga Motul WorldSBK. Indonesia akan masuk dalam jadwal balapan MotoGP dan WorldSBK 2021 nanti di Sirkuit Jalan Raya Mandalika Lombok. Hal ini karena Dorna dan juga ITDC telah melakukan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak untuk menyelenggarakan MotoGP di Indonesia.

MotoGP Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok

ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) sendiri merupakan perusahaan BUMN yang memiliki bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Tentunya ini menjadi sejarah dan juga kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP dan WorldSBK di 2021. Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1997 di Sirkuit Sentul.

Nantinya, tempat yang akan digunakan untuk balapan MotoGP dan WorldSBK di Indonesia ini akan berlokasi di Mandalika Lombok. Yups, Bukan di Sentul dan bukan juga seperti wacana dulu di Palembang. Walaupun sirkuit baru di Mandalika ini belum mempunyai bentuk yang nyata, namun blue-print dari Sirikuit ini sudah ada. Sirkuit baru di Mandalika Lombok ini memiliki konsep sirkuit jalan raya seperti sirkuit di balapan F1 yang ada di Singapura dan juga Maroko.

Mandalika adalah destinasi pariwisata kelas dunia di Indonesia berikutnya yang dirancang oleh ITDC. Destinasi yang baru akan menawarkan pengalaman unik yang berbeda dari tempat lainnya di seluruh dunia. Terletak di bagian selatan Pulau Lombok dengan lebih dari 16 km pantai pasir putih yang berkilau, Mandalika telah dirancang sebagai tujuan ekowisata, dengan menggabungkan Clean Solar Cell Energy, Bangunan Desalinasi Air dan menjaga lebih dari 51% dari resort sebagai ‘Ruang Terbuka Hijau’, yang tidak hanya akan memelihara dan melindungi keindahan alam Mandalika, akan tetapi juga meningkatkan kehidupan dan budaya masyarakat setempat.

Sirkuit Mandalika Lombok

Rencananya, Sirkuit Mandalika ini akan memiliki panjang lintasan sekitar 4,32 km dengan 18 tikungan dan hanya memiliki satu lintasan lurus. Nantinya sebagai fasilitas pendukung akan dibangun juga area paddock dengan 40 garasi sebagai operasional dari tim-tim pembalap. Selain itu juga mempersiapkan tribune yang digunakan untuk menampung penonton dengan kapasitas tempat duduk 92.200.

sirkuit mandalika lombok

Walaupun saat ini sirkuit tersebut belum terbentuk namun rencananya ITDC akan mulai membangun sirkuit tersebut mulai Oktober 2019 dan dijadwalkan rampung pada Juni 2020. Dana untuk membangun sirkuit ini juga tidak sedikit, setidaknya diperkirakan butuh dana sebesar 3,6 triliyun untuk membangunnya. Untuk kontraktor dalam pembangunan sirkuit Mandalika Lombok sekaligus fasilitas pendukung dipercayakan kepada Vinci Construction. Vinci Construction sendiri merupakan perusahaan internasional yang sering menggarap berbagai macam pengerjaan bangunan yang berasal dari Perancis.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai Indonesia yang akan menjadi tuan rumah MotoGP sekaligus WorldSBK di tahun 2021 mendatang. Dan sirkuit Mandalika Lombok merupakan lokasi yang dipilih sebagai tempat untuk menyelenggarakan balapan kelas dunia tersebut. Dipilihnya Indonesia tidak lain karena Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya memiliki kecintaan terhadap balap MotoGP dan WorldSBK yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Advertisements

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.