MotoGP Lombok

MotoGP Lombok: Cerita Dibalik Sirkuit Mandalika Lombok

Diposting pada

MotoGP Lombok: Cerita Dibalik Sirkuit Mandalika Lombok

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia di tahun 2021 nanti akan menjadi tuan rumah MotoGP. Dan Lombok terpilih sebagai tempat untuk melangsungkan perhelatan akbar kelas dunia ini. Dan kawasan Mandalika dipilih untuk menjadi Sirkut yang nantinya akan digunakan balapan kelas dunia. Selain MotoGP kabarnya sirkuit ini juga akan dipertimbangkan untuk balap World Superbike dan balap Motocross dunia.

MotoGP Lombok: Cerita Dibalik Sirkuit Mandalika Lombok

Ada beberapa cerita dan fakta unik dibalik Sirkuit Mandalika Lombok. Seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika sebagai Pusat Ekonomi Utama

Lombok yang berada di propinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia menjadi perhatian banyak penanam modal karena keunikan tanaman dan hewan. Tujuan wisata seperti Lombok sedang menikmati pengaruh masuknya modal dari pemerintah setempat maupun luar negeri. Saat ini Lombok disebut sebagai satu dari “10 Bali Baru”.

MotoGP Lombok

Sebuah resort senilai USD 3 Miliar yang disebut Proyek Mandalika sedang dibangun di Lombok Selatan. Proyek ini didukung oleh Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2017 untuk promosi pariwisata. Mandalika berjarak 40 km dari ibu kota propinsi Mataram dan dekat Pantai Kuta di bagian barat.

MotoGP: Pertandingan Balap Motor Perdana

Indonesia akan menjadi tuan rumah pertandingan balap motor tingkat dunia lagi setelah tahun 1996 dan 1997 Grand Prix Motor diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Bogor, Indonesia.

Mengapa MotoGP meninggalkan Indonesia selama lebih dari dua dasawarsa? Menurut Lola Moenek, General Manager Sentul International, penyebabnya ialah terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika selama periode 1996-1997.

MotoGP Lombok

Rintangan keuangan membuat para manager Sentul memutuskan bahwa mereka tidak dapat melanjutkan tugas menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor tersebut. Namun CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan Direktur Sentul Tinton Suprapto telah menandatangani kontrak bahwa Indonesia adalah lokasi kejuaraan MotoGP selama lima tahun.

Kembalinya MotoGP setelah Lebih dari Dua Puluh Tahun

Pemerintah berharap banyak terhadap kembalinya MotoGP setelah 24 tahun. Ini akan meningkatkan citra Indonesia dan menyoroti penguatan ekonomi Indonesia di mata dunia internasional.

Kompetisi akan dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus yang dirancang untuk pariwisata, Mandalika. Selain MotoGP, Mandalika juga dipertimbangkan menjadi tuan rumah World Superbike Championship dan  Motocross World Championship.

Baru saja Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games. Indonesia juga telah meminta secara resmi untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2032.

Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa yang dilakukan pemerintah ialah wujud dari visi untuk menjadi negara terkemuka di dunia.

Konstruksi Sirkuit Mandalika

ITDC telah memberikan kontrak untuk membangun jalan sirkuit Mandalika kepada perusahaan Perancis Vinci Construction Grand Projects. Vinci juga merupakan penanam modal utama proyek tersebut selain Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Keunggulan Sirkuit Mandalika

MotoGP 2021 akan menjadi balap motor di jalan pertama dalam sejarah MotoGP. Jalur lintasan sepanjang 4,32 kilometer, dengan 18 belokan dan satu jalan lurus utama.

Sirkuit meliputi sebuah daerah paddock dengan 40 garasi, dan menyediakan fasilitas untuk 100.000 penonton. VIP suite dapat menampung lebih dari 7.500 orang.

Menurut Presiden ITDC Abdulbar M. Monsoer, keunikan sirkuit Mandalika ialah pemandangan lautan Hindia yang mempesona, laguna, desa-desa bertenaga matahari, padang golf, dan daerah yang terdiri dari bangunan urban dan bangunan perniagaan. ­­­­­­Semua ini diharapkan selesai pada 2021.

Sumber: invest-islands.com

baca juga:


2 thoughts on “MotoGP Lombok: Cerita Dibalik Sirkuit Mandalika Lombok

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.