Pengalaman Pertama Ikut Event Lari, Bikin Ketagihan!!!

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, hari Minggu tanggal 2 Desember 2018 kemarin saya berkesempatan ikut dalam event lari BRI RUN 2018. BRI RUN 2018 ini merupakan event lari yang diselenggarakan oleh Bank BRI dalam rangka memperingati Ulang Tahunnya yang Ke-123 tahun. Untuk BRI RUN 2018 Solo Series ini merupakan seri yang ketiga dan terakhir setelah Seri pertama dan kedua diselenggarakan di Jakarta dan Bogor. Sebelumnya, saya belum pernah ikut dalam event lari seperti ini. Dan walaupun merupakan pengalaman pertama ikut event lari, ternyata malah bikin ketagihan untuk ikut lagi event lari lainnya.

Pengalaman Pertama Ikut Event Lari, Bikin Ketagihan!!!

Sebelumnya tidak ada niatan untuk mengikuti event lari seperti ini. Karena memang saya tidak pernah tahu mengenai info seperti ini. Dan di grup WA ada teman yang sharing mengenai event lari ini dan bikin saya penasaran. Akhirnya buka link dan coba untuk mendaftar karena kebetulan lokasi event dekat dengan rumah. Jadi walaupun eventnya di pagi hari masih bisa untuk datang tepat waktu. Selain itu apabila di event lari lain kita harus merogoh kocek, ternyata untuk event BRI RUN 2018 Solo Series ini bener-bener free alias gratis. Dan inilah salah satu alasan juga saya ingin ikut event ini.

Iseng Daftar Event Lari BRI RUN 2018 Solo Series

Setelah iseng daftar online, akhirnya dapat email konfirmasi untuk pengambilan racepack 3 hari sebelum event berlangsung. Pengambilan racepack dilakukan di salah satu mall di Kota Solo. Dalam racepack tersebut terdapat Nomor BIB, Temporary Tatto, Kartu BRIZZI, jersey, dan beberapa brosur mengenai event.

Sebelum mengikuti event lari ini memang saya tidak ada persiapan atau pemanasan sebelumnya. Sudah lama tidak melakukan kegiatan lari di pagi hari, jika tidak salah sudah hampir 15 tahunan absen lari pagi. Pada hari H, saya datang di De Tjolomadoe sekitar pukul setengah lima pagi dan sudah banyak peserta yang berdatangan. Di BRI RUN 2018 Solo Series ini ada tiga kategori yaitu 21K, 10K, dan 5K. Saya sendiri karena masih pemula dan sudah jarang lari memilih yang kategori 5K.

Sebelum race dimulai, terlebih dahulu ada pemanasan dengan gerakan Zumba dan juga briefing oleh panitia. Sekitar pukul 5 pagi para peserta event lari ini sudah mulai diberangkatkan. Peserta yang diberangkatkan pertama dimulai dari kategori 21K, lalu 15 menit kemudian menyusul yang kategori 10K. Untuk kategori 5K terpaut 10 menit dari pemberangkatan kategori 10K.

Yang mengejutkan adalah di event lari BRI RUN 2018 Solo Series ini 10.000 runner ikut dalam event yang digelar oleh bank BRI ini. Untuk pembagiannya, sekitar 1.400an peserta ikut dalam kategori 21K, kemudian sekitar 3.000an peserta ikut dalam kategori 10K. Dan sisanya hampir sekitar 5.000an peserta ikut dalam kategori 5K.

Rute Kategori 5K

Rute untuk kategori 5K ini start dari de Tjolomadoe kemudian menuju ke arah barat yaitu lampu merah Colomadu. Kemudian belok kanan menuju ke arah Bandara. Setelah sampai di lampu merah sebelum bandara, kemudian belok kiri sekitar 100 meter kemudian belok kanan sekitar 200 hingga tembus ke jalan sebelah selatan Bandara Adi Sumarmo Solo. Lalu lurus sekitar 100 meter dan belok kanan kembali menuju ke arah lampu merah Colomadu. Untuk gambaran rute dari kategori 5K seperti gambar di bawah ini.

Karena sebelumnya jarang latihan dan pemanasan hanya sebentar, alhasil selama race beberapa kali berhenti berlari untuk mengatur nafas. Kemudian lanjut lari lagi, dan setelah beberapa ratus meter istirahat lagi, dan berulang terus. Untuk kategori 5K ini hanya terdapat 1 kali water station yaitu di kilometer 2,5. Dan walaupun sering beristirahat, saya mencatatkan waktu sekitar 48 menit untuk sampai di garis finish. Dan di belakang saya masih ada sekitar 3 ribuan peserta yang masih belum mencapai garis finish.

Bikin Ketagihan

Setelah sampai di garis finish kami diberi medali finisher dan juga minuman untuk melepas dahaga. Setelah itu istirahat sejenak dan ada hiburan di panggung yang telah disediakan oleh panitia. Walaupun hanya ikut dalam kategori 5K, namun ternyata event lari seperti ini membuat saya untuk kembali lagi mengikuti event seperti ini. Dan next time kalau memang ada event lari yang masih di sekitaran Solo dan ada waktu luang, mungkin saya akan mencoba ikut lagi.

Nah, itu tadi sedikit cerita mengenai pengalaman pertama saya ketika ikut event lari. Dan walaupun memang membuat tubuh capek namun ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan setelah melakukan lari seperti ini. Semoga bermanfaat.

baca juga:

 


Advertisements
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 thoughts on “Pengalaman Pertama Ikut Event Lari, Bikin Ketagihan!!!

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.