Kampas Kopling Cepat Aus, Kenali Tanda dan Penyebabnya

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, seperti yang kita tahu bahwa komponen kopling berfungsi dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Salah satu part kopling yang perlu dicek secara berkala dan menjadi perhatian adalah kampas kopling. Apabila kampas kopling sudah mulai aus, maka tenaga motor akan terasa lemot atau terjadi selip. Tanda lainnya dari kampas kopling cepat aus adalah saat digunakan pada jalanan menanjak tarikan motor terasa berat, padahal gas sudah diputar penuh. Ciri lainnya adalah saat mengoper gigi terasa keras dan kadang saat motor sudah jalan, gigi tiba-tiba netral sendiri.

Kampas Kopling Cepat Aus, Kenali Tanda dan Penyebabnya

Di dalam buku petunjuk manual, biasanya usia kampas kopling yang disarankan untuk diganti dengan yang baru adalah antara 15.000 km hingga 20.000 km. Penyebab kampas kopling bisa cepat aus disebabkan tidak hanya karena usia komponennya, tetapi juga karena cara berkendara yang salah. Di beberapa kondisi, kadang baru beberapa bulan diganti kampas kopling sudah mulai aus dan harus diganti lagi. Padahal sudah menggunakan part kampas kopling dengan kualitas yang bagus. Bisa disimpulkan bahwa dalam kondisi tertentu perilaku atau cara berkendara yang salah juga menjadi faktor dalam mempercepat ausnya kampas kopling.

Dan berikut beberapa penyebab kampas kopling cepat aus yang disebabkan oleh perilaku pengendara yang buruk.

Kebiasaan Setengah Kopling

Yang pertama adalah menggantung tuas kopling atau istilah kerennya setengah kopling. Kebiasaan setengah kopling ini akan memberikan dampak membebani kerja kampas kopling. Hal ini karena lembar kampas kopling tidak terbuka secara sempurna dan akibatnya kampas kompling cepat aus karena bergesekan dengan plat kopling.

Menahan Tuas Kopling saat Berhenti Lama

Yang kedua adalah perilaku atau kebiasaan pengendara yang menahan tuas kopling saat berhenti lama. Hal ini biasanya dilakukan saat di traffic light sembari menunggu lampu menyala hijau. Gigi motor dibiarkan masuk dan tuas kopling ditarik penuh. Hal ini tentu saja membuat umur umur kampas kopling menjadi cepat aus karena dipaksa bekerja padahal motor dalam kondisi berhenti dan cukup lama.

Penyebab Lainnya

Selain karena faktor kebiasaan pengendara yang salah, cepat ausnya kampas kopling juga dapat disebabkan oleh hal lainnya. Penyebab umumnya biasanya adalah pemakaian jenis oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Selanjutnya adalah karena per kopling yang lemah. Ada baiknya saat mengganti kampas kopling, per kopling juga harus dicek kondisinya. Apabila sudah tidak berfungsi dengan normal, per kopling juga harus diganti karena part ini juga akan mempengaruhi usia kampas kompling.

Yang terakhir adalah setelan jarak tuas kopling yang terlalu pendek. Settingan jarak tuas kopling yang terlalu pendek akan membuat pengendara sering menggantung kopling sehingga kampas kopling cepat terbakar. Jarak bebas tuas kopling pada normalnya adalah antara 1,5 cm hingga 2 cm.

Nah, itu saja mungkin sedikit informasi mengenai tanda-tanda kampas kopling aus dan beberapa penyebab kampas kopling cepat aus. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Advertisements

4 thoughts on “Kampas Kopling Cepat Aus, Kenali Tanda dan Penyebabnya

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.