perbandingan scoopy dengan genio

Bingung Pilih Mana? Ini Perbandingan Scoopy dengan Genio

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, pada 21 Juni 2019 Astra Honda Motor (AHM) merilis skutik baru yang secara spesifikasi dan desain mirip-mirip Scoopy. Konsumen pun mendapatkan alternatif baru dalam memilih skutik di rentang harga 17 hingga 18 juta. Namun banyak pula yang bingung dalam menentukan pilihan antara memilih Genio atau Scoopy. Tentu saja walaupun keduanya mirip, namun pastinya ada perbedaan di kedua produk ini. Nah, bagi yang masih bingung menentukan pilihan, berikut ini beberapa perbandingan Scoopy dengan Genio.

Pilih Scoopy atau Genio? Ini Perbandingan Scoopy dengan Genio

perbandingan scoopy dengan genio

Harga

Berbicara mengenai harga, untuk Honda Genio memiliki dua varian harga. Honda Genio CBS dijual dengan harga 17,2 juta rupiah, sedangkan untuk Honda Genio CBS ISS dijual lebih mahal 500 ribu yaitu diharga 17,7 juta rupiah. Sementara itu untuk Scoopy dijual dengan harga 18,9 juta rupiah baik untuk yang varian stylish maupun sporty. Jadi dari banderol harga kedua skutik tersebut di atas, ada perbedaan harga diangka sekitar 1 jutaan lebih mahal Scoopy dibanding Genio.

Spesifikasi Mesin

Lanjut ke bagian spesifikasi mesin, kedua skutik ini memang sama-sama mengusung mesin 110 cc. Namun keduanya memiliki konstruksi silinder yang berbeda. Genio menggunakan mesin generasi baru 110 cc eSP dengan power 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimal pada 9,3 pada putaran 5.500 rpm. Sementara itu Scoopy unggul tipis dari Genio dengan power 9,1 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimal pada 9,4 pada putaran 6.000 rpm.

Dimensi

Genio menggunakan desain sasis yang benar-benar baru yang dikenal dengan nama eSAF (Enhanced Smart Architecture). Dengan sasis baru tersebut membuat dimensi Genio menjadi lebih panjang dan lebar. Genio memiliki dimensi 1.869 x 692 x 1.061 mm (P  x L x T) sementara Scoopy memiliki dimensi 1.847 x 686 x 1.061 mm (P  x L x T). Kemudian untuk jarak sumbu roda Honda Genio yaitu diangka 1.256 mm dan ground clearance 147 mm, sementara untuk Scoopy jarak antar poros roda 1.257 mm, ground clearance 143 mm. Artinya Genio memiliki ground clereance yang lebih tinggi dibandingkan Scoopy. Beralih ke tinggi jok, Genio tinggi joknya 740 mm, ini lebih rendah dibanding dengan tinggi jok Scoopy dengan tinggi jok 744 mm.

Desain

Beralih mengenai desain, keduanya sama-sama menampilkan nuansa retro dengan desain yang membulat. Namun jika kita perhatikan Honda Scoopy lebih minim sudut dibandingkan dengan Genio. Dan dari segi inilah yang membuat Honda Scoopy lebih terasa nuansa retro modernnya. Sementara Genio lebih mengarah ke nuansa Retro Sporty.

Fitur

Genio

  • Kaki-kaki menggunakan ukuran ring 14 inchi dengan ukuran ban 80/90 untuk bagian ban depan dan 90/90 untuk bagian ban belakang.
  • Panel indikator sudah full digital namun dimensinya terlihat kecil, desainnya mirip dengan panel Honda Rebel.
  • CBS ISS hanya ada pada varian termahal.
  • Kapasitas bagasi 14 liter.
  • Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.
  • Power charger berada di dalam bagasi (bawah jok).
  • Kunci masih menggunakan kunci standar berpengaman magnet biasa.

Scoopy

  • Kaki-kaki menggunakan ukuran ring 12 inchi dengan ukuran ban 100/90 untuk bagian depan dan 110/90 untuk ban belakang.
  • Panel indikator masih perpaduan antara analog dan digital namun memiliki dimensi yang besar.
  • CBS ISS merupakan fitur standar Honda Scoopy.
  • Kapasitas bagasi 15,4 liter
  • Kapasitas tangki bahan bakar 4 liter.
  • Power charger berada di kompartemen depan sebelah kiri.
  • Kunci dilengkapi dengan fitur alarm dan juga Answer back System.

Nah, itu saja mungkin beberapa perbandingkan signifikan antara Scoopy dengan Genio yang baru saja rilis. Jika dilihat, Scoopy memang lebih kaya fitur dan hanya terpaut 1 juta saja. Namun juga ada beberapa keunggulan Genio yang tidak dimiliki oleh Scoopy.

Mungkin itu saja sedikit informasi mengenai perbandingan Scoopy dengan Genio, semoga bermanfaat.

baca juga:


Advertisements

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.