Ini Perbedaan dari Honda Cross Cub 110 dengan Cross Cub 50

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, seperti pada artikel sebelumnya yaitu Honda Jepang beberapa waktu lalu telah memperkenalkan wujud dari facelift dari Honda Cross Cub 110 dan juga wajah yang benar-benar baru dari Cross Cub 50. Nah, tentu saja banyak yang bertanya-tanya tentang perbedaan yang lebih spesifik dari Honda Cross Cub 110 dengan Cross Cub 50. Berikut ini ulasannya

Mesin

Pada bagian mesin tentu saja berbeda kubikasinya, selain itu dari segi dimensi dan juga bentuk mesin juga berbeda. Keduanya menggunakan mesin 4 tak satu silinder dengan berpendingin udara. Untuk tenaga maksimalnya ada perbedaan yang signifikan antara yang 110 dengan yang 50. Untuk crosss cub 110 memiliki power maksimal diangka 8 PS dan untuk cross cub 50 4,7 PS. Sementara itu, untuk konsumsi bahan bakar, kedua motor ini diklaim mampu menempuh jarak 69,4 km/liter untuk cross cub 50 dan 66,7 km/liter untuk cross cub 110.

Velg dan ban

Melihat keĀ  bagian kaki-kaki kita akan melihat perbedaan yang nampak jelas. Untuk Cross Cub 50 menggunakan velg dengan diameter ring 14 sedangkan untuk Cross Cub 110 menggunakan velg dengan diameter ring 17. Untuk jenis bannya sendiri pun juga berbeda yaitu untuk Cross Cub 50 menggunakan ban dengan tekstur untuk jalan raya. Sedangkan untuk Cross Cub 110 menggunakan alur ban yang lebih dalam dan dapat digunakan untuk medan off road. Dari warna velg pun juga berbeda untuk cross cub 50 menggunakan velg jari-jari chrome sedangkan cross cub 110 menggunakan velg warna hitam. Khas motor klasik, untuk pengereman kedua motor ini masih tromol belum menggunakan cakram baik di bagian depan maupun belakang.

Tinggi Jok dan Lebar Jok

Dikarenakan menggunakan diameter velg yang berbeda, maka akan berpengaruh juga pada tinggi jok pengendara. Untuk Cross Cub 110 tinggi jok dari tanah adalah sekitar 784 mm sedangkan untuk cross cub 50 tinggi joknya sekitar 740 mm. Selain itu, antara yang 110 dengan 50 memiliki bentuk jok yang berbeda. Untuk cross cub 110 memiliki dimensi jok yang lebih melebar sedangkan cross cub 50 memiliki jok yang lebih kecil. Sehingga jika kita duduk di jok cross cub 110 kaki akan tampak mengangkang.

Kemudi

Untuk bagian stang juga nampak adanya perbedaan yaitu dari lebar stangnya sendiri, Honda Cross Cub 50 memiliki lebar 720 mm sedangkan Cross Cub 110 memiliki lebar 795 mm. Untuk bagian tombol atau saklar di setang pun juga terdapat perbedaan. Untuk cross cub 110 hanya ada tombol electric starter di setang sebelah kanan dan untuk setang sebelah kiri ada tombol lampu dekat/lampu jauh, sein, dan juga klakson. Sementara itu untuk Cross Cub 50 ada 2 tombol di bagian setang kanan dan juga 2 tombol lagi di bagian setang kiri. Dan dari gambar di bawah ini kita juga bisa melihat ergonomi saat berkendara dari kedua motor tersebut dengan sampel pengendara yang memiliki tinggi sekitar 170 cm.

Nah, itu tadi beberapa perbedaan detail dari motor klasik Honda bergaya crossover yaitu Cross Cub 110 dengan Cross Cub 50. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: young machine

Advertisements
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.