Ini Perbedaan Honda Genio 110 tipe CBS dengan tipe CBS-ISS

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, pada 21 Juni 2019 kemarin PT Astra Honda Motor telah resmi merilis Honda Genio 110 untuk pasar Indonesia. Motor ini dijual ke pasar untuk menyasar generasi milenial yang suka dengan model motor yang compact seperti Genio 110 ini. Dalam penjualannya, motor ini dijual dalam dua tipe yaitu tipe CBS dan CBS-ISS. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa saja perbedaan Honda Genio 110 tipe CBS dengan tipe CBS-ISS? Berikut ini ulasannya.

Ini Perbedaan Honda Genio 110 tipe CBS dengan tipe CBS-ISS

Setidaknya ada beberapa hal perbedaan dari Honda Genio 110 untuk tipe CBS dengan tipe CBS-ISS. Berikut penjelasan detailnya.

Fitur (CBS dan ISS)

Yang pertama tentu saja sesuai dengan namanya, ada tipe CBS dan juga tipe CBS-ISS. Lalu apa fitur CBS dan ISS itu dan bagaimana kegunaan atau fungsinya? Kita mulai bahas untuk yang fitur CBS terlebih dahulu. CBS merupakan singkatan dari Combi Brake System yang merupakan sistem pengereman dari Honda yang memberikan pengereman belakang dan depan secara berbarengan. Cara kerjanya yaitu ketika tuas rem belakang ditekan maka tuas rem depan pun juga akan ikut melakukan pengereman sehingga lebih memberikan keamanan bagi pengendara. Sistem CBS ini nampaknya sudah menjadi barang wajib yang selalu disematkan oleh Honda pada motor-motor matiknya.

Fitur yang kedua adalah ISS yang merupakan singkatan dari Idling Stop System yang memiliki kegunaan untuk menghemat bahan bakar. Fitur ini memiliki cara kerja saat saklas ISS diaktifkan, maka pada saat motor berhenti beberapa detik seperti saat di lampu merah, motor akan mati sendiri sehingga tidak membuang bahan bakar. Kemudian saat lampu hijau, pengendara tinggal menarik tuas gas dan motor akan kembali hidup tanpa perlu menekan starter.

Jadi untuk tipe CBS-ISS memiliki kedua fitur tersebut sementara untuk tipe CBS hanya memiliki satu fitur saja tanpa ISS. Secara fisik, tentu saja untuk perbedaan fitur ini adalah jika untuk tipe CBS-ISS terdapat tombol ISS yang biasanya ada di setang sebelah kanan di atas saklar starter. Sementara itu untuk tipe CBS tidak terdapat tombol ISS.

Pilihan Warna

Seperti yang kita tahu bahwa total Honda Genio 110 ini memiliki 11 pilihan warna yang berbeda dan menarik. Nah, ternyata dari 11 warna tersebut dibagi lagi warnanya ke dalam dua tipe yaitu CBS dan CBS-ISS. Untuk tipe CBS memiliki 5 pilihan warna dengan tema smart, sedangkan untuk tipe CBS-ISS memiliki 6 pilihan warna dengan tema trendi dan fabulous.

Berat Kosong

Perbedaan selanjutnya adalah pada berat dari kedua tipe motor ini. Walaupun secara angka hanya terpaut sekitar 1 kg saja. Untuk berat kosong dari Honda Genio 110 tipe CBS yaitu diangka 89 kg, sementara untuk Honda Genio 110 tipe CBS-ISS beratnya diangka 90 kg.

Tipe Baterai atau Aki

Untuk tipe baterai atau akinya ternyata juga ada perbedaan pada besaran arus listriknya (ampere). Untuk tipe CBS menggunakan aki AF 12V dengan arus 3Ah, sedangkan untuk tipe CBS-ISS menggunakan aki AF 12V dengan arus 5Ah

Harga

Perbedaan yang terakhir adalah dari harganya, untuk Honda Genio 110 tipe CBS oleh AHM dijual dengan harga 17,2 juta rupiah untuk OTR DKI Jakarta. Sementara untuk Honda Genio 110 tipe CBS-ISS oleh AHM dijual dengan harga 17,7 juta rupiah untuk OTR DKI Jakarta. Atau terpaut sekitar 500 ribu rupiah antara tipe CBS dengan tipe CBS-ISS.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai perbedaan Honda Genio 110 tipe CBS dengan tipe CBS-ISS. Semoga bermanfaat.

baca juga:


One thought on “Ini Perbedaan Honda Genio 110 tipe CBS dengan tipe CBS-ISS

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.