perpres kendaraan listrik Jokowi

Perpres Kendaraan Listrik Diteken, Mulai Berlaku 2021

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Peraturan Presiden (perpres) mengenai kendaraan listrik secara resmi telah diteken oleh Presiden Joko Widodo. Dengan adanya perpres Kendaraan Listrik ini harapannya industri otomotif akan segera bergerak menuju perubahan dari konvensional menuju listrik. Saat ini beberapa perusahaan otomotif sudah ada yang mengembangkan kendaraan listrik baik itu mobil dan juga motor.

Perpres Kendaraan Listrik Diteken, Mulai Berlaku 2021

Jika melihat potensi kendaraan listrik di Indonesia tentu ini menjadi peluang yang sangat besar. Saat ini banyak masyarakat yang beralih ke kendaraan listrik untuk aktivitas sehari-hari. Sebagai contoh banyak ibu-ibu yang menggunakan sepeda listrik untuk pergi berbelanja ke pasar. Regulasi mengenai kendaraan listrik ini akan mulai berlaku pada 2021, hal ini supaya produsen otomotif mulai menyiapkan segala halnya mengenai kendaraan listrik ini.

Menurut Presiden Joko Widodo, membangun industri kendaraan listrik tidak mungkin dapat dilakukan dalam satu atau dua tahun saja. Butuh waktu bertahun-tahun untuk lebih menyempurnakan dalam membangun industri kendaraan listrik. Tentunya produsen butuh untuk melihat pasar dan pembeli. Karena saat ini seperti yang kita tahu sebagai contoh harga motor listrik jika dibandingkan dengan motor konvensional harganya tentu lebih mahal.

perpres kendaraan listrik Jokowi

Nantinya pada awal regulasi, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) diharapkan minimal d iangka 35 persen untuk mobil listrik. Sedangkan TKDN untuk motor listrik diharapkan minimal 40 persen. Dan bertahap TKDN akan bertahap naik secara berkelanjutan. Dengan adanya penggunaan TKDN maka diharapkan nantinya harga kendaraan listrik akan semakin lebih murah dan terjangkau.

Banyak manfaat hadirnya kendaraan listrik, selain menghadirkan transportasi ramah lingkungan. Juga dapat menghemat bahan bakar minyak yang akan mulai habis jika terus digunakan.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Perpres Kendaraan listrik yang sudah ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo, Semoga bermanfaat.

baca juga:


Advertisements

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.