Qooder Skuter Roda Empat Swiss 3

Qooder, Skuter Roda Empat Asal Swiss Seharga Outlander Sport

Diposting pada

Qooder, Skuter Roda Empat Asal Swiss Meluncur di Indonesia

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, skuter roda 2 & 3 mungkin sudah familiar di telinga kita. Namun kali ini pabrikan asal negara Swiss memperkenalkan skuter roda empat untuk pasar Indonesia. Yups, melalui PT GForce Republik, skuter roda empat bernama Qooder resmi diperkenalkan dan dijual untuk pasar Indonesia. Motor ini didatangkan langsung dari Taiwan secara utuh alias CBU (Completely Built Up). Motor roda empat ini masuk ke dalam skutik premium karena harganya yang lumayan setara dengan harga mobil. Qooder untuk pasar Indonesia dijual mulai dengan harga Rp 357 juta rupiah. Dengan harga tersebut tentu saja apabila dibelikan mobil sudah mendapatkan mobil SUV atau MPV yang cukup mewah.

Qooder Skuter Roda Empat Swiss 4

Qooder, Skuter Roda Empat Asal Swiss Seharga Outlander Sport

Sebenarnya brand Qooder bukan merupakan brand baru, awalnya brand ini bernama Quadro Vehicle. Dan baru satu beberapa tahun belakangan ini nama tersebut berganti menjadi Qooder setelah merilis Quadro 4 bermesin 350 cc. Qooder sendiri merupakan akronim dari Quad Scooter yang berarti skuter beroda empat.

Hydraulic Tilting System (HTS)

Menurut informasi bahwa Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang berkesempatan untuk mencicipi motor roda empat ini. Keunggulan utama yang ditawarkan pada motor ini adalah motor ini dibekali dengan suspensi hidrolik cukup canggih yang disebut Hydraulic Tilting System (HTS). Dengan adanya fitur HTS ini bisa membuat keempat roda tersebut dapat naik turun dan miring-miring bebas tanpa ada kendala dan tidak khawatir jatuh.

Qooder Skuter Roda Empat Swiss 3

Semua rodanya dilengkapi suspensi independen. Jadi, pergerakan tipa roda tidak mempengaruhi roda yang lainnya. Sistem suspensi ini hadir tanpa spring atau per karena menggunakan full hydraulic sehingga membuat redaman lebih nyaman dibandingkan dengan suspensi yang menggunakan spring. Tidak ada sistem penyetelan rebound, kompresi maupun preload. Hanya memanfaatkan udara terkompresi yang dikumpulkan dalam tabung untuk menghasilkan efek gerakan mekanis.

Dengan fitur canggih HTS tersebut membuat motor ini tetap nyaman saat melewati jalanan dengan kondisi yang tidak rata berkat 4 suspensi independen tersebut. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur Lock Suspension yang tuasnya terdapat di bagian dek depan. Fitur ini berfungsi untuk mengunci suspensi ketika dalam kondisi miring atau roda tidak rata. Dan juga ada rem tangan untuk mengunci motor agar tidak meluncur saat parkir di jalanan miring. Tuasnya terletak di bodi sebelah kanan.

Desain

Impresi pertama dengan desain motor ini adalah ternyata memiliki bentuk yang cukup besar. Hal ini tentu saja dikarenakan motor ini memiliki empat roda dan membutuhkan dimensi yang besar. Pada bagian depan kita akan menemukan headlamp dengan model dual keen eyes yang cukup besar. Terdapat pula logo Qooder di bagian bawah headlamp, serta ada paruh pendek layaknya pada motor adventure BMW GS. Visor atau windshield dengan model smoke terlihat cukup besar dan tinggi namun patent sehingga tidak dapat diatur ketinggian dan posisinya.

Qooder

Beralih ke jok terlihat joknya menggunakan jok model split terpisah antara pengendara dan boncenger. Jok tersebut terlihat lebar dan tebal untuk ukuran jok motor. Selain itu ada hal yang unik yaitu pada bagian knalpot yang ujungnya berada di bagian tengah antara dua roda belakang. Untuk lampu seinnya menggunakan lampu sein seperti model motor sport yang terpisah dari bodinya baik untuk sein depan dan belakang.

Spesifikasi

Kemudian beralih ke bagian mesinnya, motor ini ditenagai oleh mesin berkubikasi 399 cc SOHC satu silinder 4 tak 4 katup berpendingin cairan dengan transmisi CVT. Untuk penyaluran tenaganya ke dua roda belakang dilakukan secara terpisah yang masing-masing menggunakan v-belt berbahan karbon. Untuk power maksimalnya, motor ini mampu mencatatkan power maksimal diangka 32,5 HP pada 7.000 rpm. Sementara itu untuk torsi maksimalnya yaitu diangka 38,5 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Qooder Skuter Roda Empat Swiss 2

Untuk ukuran velgnya, keempatnya menggunakan velg dengan diameter 14 inchi. Dan untuk pengeremannya masing-masing roda sudah dilengkapi dengan rem cakram. Namun nampaknya fitur ABS belum disematkan di motor roda 4 ini. Untuk kapasitas tangki bahan bakarnya motor ini mampu menampung bahan bakar hingga 14 liter. Walaupun memiliki dimensi yang besar, namun ternyata motor ini hanya memiliki bagasi yang hanya cukup untuk memuat satu helm kecil.

Kemudian untuk pilihan warnanya, Qooder tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu merah, hitam, silver, putih, dan biru. Untuk harganya seperti yang saya jelaskan di atas yaitu dijual dengan banderol 357 juta rupiah dan bisa dipesan di dealer Qooder yang berlokasi di Jl. Lebak Bulus 1 No. 62, Jakarta Selatan.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai Qooder motor skuter roda empat asal Swiss yang baru saja dirilis di Indonesia. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Advertisements

22 thoughts on “Qooder, Skuter Roda Empat Asal Swiss Seharga Outlander Sport

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.