Quote of The Day “Menengok Rumah Masa Depan”

Source: kisahrendra.blogspot.com
Source: kisahrendra.blogspot.com

Dunia memang menyenangkan sehingga seringkali melenakan. Ibarat penyelam pencari mutiara, dengan tabung oksigennya. Bagi penyelam yang sadar bahwa tujuannya adalah mencari kerang mutiara, ia akan sangat berhati-hati, memperhitungkan betul berapa lama dan apa saja yang harus dilakukan, karena tabung oksigennya terbatas oleh waktu. Namun banyak juga penyelam, karena terlena keindahan pemandangan bawah laut, lupa hingga alarm oksigen menunjukkan hampir habis. Akhirnya naiklah ia ke permukaan tanpa membawa hasil.

Begitu gambaran kehidupan manusia di dunia. Kenikmatan dunia membuat manusia lupa pada batasan waktu, yaitu umur. Lupa bahwa kehidupan dunia pasti berakhir. Hiruk pikuk kebendaan (hedonisme) bahkan telah menjadi tujuan hidup sebagian manusia. Seluruh waktu, tenaga, pikiran habis tercurah. Ukuran kesuksesan tiada lain adalah bila telah memperoleh harta, kedudukan, dan kesenangan. Meski dengan jalan haram.

Manusia lupa pada tujuan apa ia diciptakan. Lupa pada kepastian rumah masa depan, yaitu kubur dengan kehidupan setelahnya. Menghias indah rumah dunia, namun mengabaikan masa-masa di rumah masa depan. Padahal telah cukup jelas gambaran mengenai kematian, alam kubur, dan alam akhirat bagi kita.

Karena hal tersebut, manusia harus senantiasa diingatkan agar tidak lupa dan lalai. Salah satu pengingat yaitu dengan senantiasa menengok rumah masa depan, mengingat kematian yang pasti akan menghampiri kita. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah mengingat sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu kematian.” (HR. Tirmidzi)

Sumber: diambil dari Majalah Hadila Edisi Juni 2014

Advertisements

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.