Zenfone Max Pro M1, Bukan Sekadar Smartphone Biasa

Diposting pada

Jika kita flashback ke 10 atau 15 tahun yang lalu, bermain game merupakan akitivitas yang masih jarang diminati. Karena dulu game terbatas hanya dapat dijalankan pada perangkat komputer. Dan juga tidak sembarang komputer yang bisa menjalankan game. Karena pastinya membutuhkan spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan game tersebut. Di era tersebut jaringan internet juga masih belum sebanyak dan secepat beberapa tahun terakhir ini.

Dahulu untuk mendapatkan konektivitas internet kita harus berkunjung ke Warnet hanya sekedar browsing atau bermain game online. Alhasil game offline lah yang banyak diminati pada era tersebut. Masih ingat saya dulu di tahun 2008 pernah memainkan game offline seperti Age of Empire dan juga Need for Speed yang saat itu masih menjadi game primadona.

game age of empire
game Age of Empire

Seiring pergantian tahun, perkembangan teknologi khususnya dalam dunia telepon genggam dan juga jaringan internet semakin pesat. Hingga di era sekarang ini telepon genggam tidak hanya memiliki fungsi sebagai alat untuk berkomunikasi jarak jauh. Namun lebih dari itu, telepon genggam (smartphone) saat ini mampu digunakan untuk berbagai aktivitas seperti berkomunikasi, browsing internet, penunjuk arah, pemutar video, dan juga bermain game. Tidak hanya bermain game offline, sekarang ini dengan jaringan internet yang stabil, cepat, dan terjangkau di manapun smartphone bisa digunakan untuk bermain game secara online.

Smartphone Gaming Idaman Jaman Now

Bermain game melalui smartphone saat ini merupakan aktivitas yang banyak kita temui di masyarakat. Generasi milenial saat ini mulai dari anak-anak kecil, remaja, dan juga orang dewasa pun pasti familiar dan sering bermain game menggunakan smartphone. Sebagai contoh, keponakan saya yang masih berusia sekitar 5 tahunan sudah fasih dalam bermain Mobile Legend di smartphone milik ibunya. Bermain game di smartphone sebenarnya ada sisi positif dan juga sisi negatifnya. Tergantung dari pribadi masing-masing dalam mengatur waktu untuk bermain game.

Bagi saya, bermain game bukan merupakan aktivitas utama yang harus rutin saya lakukan di setiap harinya. Bermain game bagi saya hanya sekedar untuk mencari hiburan dan me-refresh pikiran setelah bekerja. Yang paling utama saat saya membutuhkan smartphone adalah fungsinya dalam memudahkan berkomunikasi dan memudahkan dalam aktivitas sehari-hari.

Saat ini hampir semua smartphone bisa digunakan untuk bermain game, walaupun memang hasil yang akan diberikan tentu saja berbeda-beda. Tergantung seperti apa spesifikasi smartphone tersebut. Lalu seperti apakah kira-kira kriteria smartphone idaman yang cocok digunakan untuk bermain game di era milenial seperti sekarang ini?

  1. Kriteria yang paling utama adalah smartphone tersebut dibekali dengan SOC (System on Chip) berkualitas bagus. Tidak hanya mengenai kinerja prosesor tapi juga panas yang mampu diredam saat prosessor bekerja keras menjalankan game.
  2. Memiliki spesifikasi GPU yang tinggi karena salah satu inti dari game adalah kualitas visual yang ditampilkan melalui smartphone tersebut. Dengan GPU yang baik, tentu akan memberikan kualitas grafis atau visual yang detail dan berwarna.
  3. Penyimpanan internal yang besar sebagai tempat menyimpan data-data dari game yang kita install.
  4. Kapasitas baterai yang besar. Bukan tanpa alasan mengapa smartphone gaming harus memiliki kapasitas baterai yang besar karena memang saat bermain game biasanya bisa sampai berjam-jam lamanya. Lucu kan kalau saat sedang asyik bermain game, smartphone tiba-tiba mati karena kehabisan daya.
  5. Layar lebar. Alasannya kurang greget apabila bermain game namun ldengan ayar yang kecil, detail dari game tentu akan banyak yang tidak terlihat. Paling tidak memiliki layar dengan bentang 6 inchi.

Asus Zenfone Max Pro M1, Bukan Sekedar Smartphone Biasa

Saat ini ASUS memiliki smartphone yang dikhususkan untuk gamer addict. Asus menciptakan Asus ROG Phone yang memiliki spesifikasi gahar yang dapat memainkan game-game berat di Smartphone. Selain spesifikasi yang gahar. Asus ROG Phone ini juga memiliki aksesoris-aksesoris pelengkap untuk bermain game yang komplit. Aksesoris-aksesoris tersebut seperti pendingin eksternal, game controller, hingga mobile dock untuk mengubah ponsel menjadi layaknya PC.

ASUS ROG Phone
ASUS ROG Phone

Dan memang wajar apabila harga yang dibanderol untuk ASUS ROG Phone ini terbilang cukup tinggi karena spesifikasi dan aksesoris gamenya yang lengkap. Di China, ASUS ROG Phone dibanderol dengan harga mulai 5.999 Yuan atau sekitar 13 juta rupiah untuk varian yang termurah. Sedangkan untuk varian yang tertinggi harganya bisa mencapai 12.999 Yuan atau sekitar 28 juta rupiah.

Namun selain ASUS ROG Phone, Asus ternyata juga memperkenalkan Asus Zenfone Max Pro M1 sebagai alternatif smartphone gaming dengan harga terjangkau. Asus Zenfone Max Pro M1 sangat pas dan cocok digunakan sebagai smartphone gaming dengan harga terjangkau direntang harga 2 sampai 3 juta rupiah. Smartphone ini mempunyai spesifikasi CPU & GPU yang mumpuni untuk bermain game. Berbagai macam game pun dapat dijalankan dengan baik oleh Asus Zenfone Max Pro M1 ini.

sumber: dailysocial.id

Selain memiliki spesifikasi CPU dan GPU yang mumpuni, Asus Zenfone Max Pro M1 ini juga memiliki kapasitas baterai yang besar. Asus Zenfone Max Pro M1 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut tentunya dapat digunakan untuk bermain game selama berjam-jam tanpa khawatir baterai habis.

Kenapa Harus Asus Zenfone Max Pro M1?

Saat ini saya menggunakan smartphone entry level yang memang saya fungsikan sebagai smartphone untuk multitasking sehari-hari. Baik itu untuk bersosial media, komunikasi, streaming youtube, dan kadang kala untuk menulis artikel di blog. Ketika masih baru, smartphone yang saya gunakan saat ini masih bisa lancar jaya untuk berbagai kegiatan multitasking di atas. Namun memasuki usia yang hampir menginjak 1 tahun ini, kapasitas penyimpanan internal mulai menipis. Kemudian kinerjanya juga sudah tidak selancar ketika masih baru karena memang banyak aplikasi yang sudah terinstal.

Bermain game mobile merupakan kegiatan yang akan saya lakukan ketika saya benar-benar merasa jenuh. Baik jenuh dengan pekerjaan maupun dengan aktivitas yang lainnya. Bermain game menggunakan smartphone saya saat ini dirasa sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Hal ini karena penyimpanan internal dan juga Micro SD kapasitasnya sudah menipis. Selain itu, dengan spesifikasi prosessor yang hanya Snapdragon 425 dan GPU Adreno 380 tentu saja sangat kurang untuk bermain game mobile seperti Mobile Legend, Art of Valor, dan juga PUBG.

hanya game seperti ini yang bisa saya mainkan di smartphone saya saat ini. ­čÖü

Karena alasan itulah mengapa saya saat ini jarang bermain game mobile di aktivitas sehari-hari. Dan sudah saatnya saya harus mengganti smartphone lama dengan smartphone yang bisa mendukung aktivitas keseharian saya. Dari berbagai macam merek smartphone saya lebih cenderung memilih Asus Zenfone Max Pro M1 untuk menggantikan smartphone lama saya. Bukan tanpa alasan karena Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki spesifikasi dan kriteria sebagai smartphone idaman saya.

CPU dan GPU yang berkualitas serta kapasitas baterai yang besar nampaknya menjadi nilai plus dari smartphone ini. Dengan spesifikasi yang dimiliki Asus Zenfone Max Pro M1 mampu mendukung semua aktivitas keseharian saya. Seperti browsing, bersosial media, menulis artikel di blog, menonton video, dan yang pastinya bermain game. Kapasitas penyimpanan internal yang juga besar menjadikan saya tidak ragu untuk menginstal berbagai aplikasi mobile dan juga game mobile di Asus Zenfone Max Pro M1.

Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone Max Pro M1

Dibekali Chipset Snapdragon 636 Terbaru dan Kapasitas Baterai Super Jumbo

Asus Zenfone Max Pro M1 1

Berbicara mengenai spesifikasi dari Asus Zenfone Max Pro M1, di dalamnya ditanamkan prosessor Qualcomm Snapdragon 636 octa-core CPU Kyro260 1,8 GHz dan GPU adreno 509. Dengan prosessor tersebut, mampu memberikan performa yang lebih responsif dan juga cepat. Sementara untuk layarnya menggunakan layar 6 inchi full view dengan aspek rasio layar 18:9 dengan resolusi FullHD+. Dengan layar full view tersebut, pengguna akan dapat melihat konten baik video atau lainnya dengan lebih jelas.

Sementara itu berbicara mengenai kapasitas baterai yang disematkan pada Asus Zenfone Max Pro M1 ini memang benar-benar luar biasa. Bagaimana tidak, untuk ukuran smartphone dengan harga di kisaran 2 jutaan Asus sudah membenamkan baterai li-polimer 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut, pengguna tidak perlu lagi khawatir baterai cepat habis. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga waktu pengisian baterai menjadi lebih cepat. Hanya butuh waktu 2 jam 42 menit saja untuk mengisi batera berkapasitas 5.000 mAh mulai dari 0 % hingga mencapai 100 &.

Desain Tipis dan Ringan

sumber: dailysocial.id

Asus Zenfone Max Pro M1 pada bagian bodinya terbuat dari bahan metal yang cukup ringan. Selain itu juga memiliki desain yang tipis. Walaupun terbuat dari bahan metal, ternyata berat dari Asus Zenfone Max Pro M1 ini hanya sekitar 180 gram saja. Dengan desain yang tipis dan ringan, maka smartphone ini sangat cocok untuk dibawa kemanapun dan juga tetap nyaman saat digenggam. Untuk pilihan warnanya terdapat dua pilihan yaitu Deepsea Black dan Meteor Silver. Dan pada bagian bodi belakang juga terdapat tombol sensor keamanan yaitu sensor sidik jari.

Kamera dengan Fitur PixelMaster 4.0

Asus Zenfone Max Pro M1 dibekali dengan dua kamera belakang dengan posisi vertikal yang memiliki sensor 13 MP dan juga 5 MP. Lensa utama yaitu 13 MP dengan aperture f/2.0 mampu melakukan fokus pada suatu objek dengan sangat cepat dalam hitungan detik. Satu lagi adalah lensa wide dengan sensor 5 MP yang mampu menciptakan foto dengan efek bokeh. Sementara untuk kamera depannya, Asus benar-benar mengerti generasi milenial yang suka dengan foto selfie. Asus membenamkan lensa 16 MP untuk kamera depan dengan fitur live beautyfication untuk memberikan efek cantik pada objek yang ditangkap.

Kapasitas Penyimpanan Internal yang Besar

Inilah salah satu yang menjadi alasan mengapa saya merekomendasikan si Max Pro M1 ini sebagai smartphone pilihan. Hal ini karena dengan harga yang terjangkau namun sudah didukung dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Untuk yang varian termurah memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB sedangkan untuk varian tertinggi memiliki kapasitas penyimpanana internal 64 GB. Ditambah lagi Asus masih menyediakan slot Micro SD yang masih bisa diisi dengan memori eksternal hingga 2 Terabyte.

Dengan kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar tersebut, kita tidak perlu khawatir takut kehabisan space data untuk menyimpan file-file penting. Selain itu, untuk slot kartu jaringan, pada smartphone ini sudah memiliki dua slot SIM card yang bisa aktif kedua-duanya tanpa mengorbankan slot MicroSD.

UI yang Pure Android

sumber: dailysocial.id

Inilah salah satu alasan mengapa Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki kinerja yang cepat. Hal ini karena smartphone ini menggunakan user interface yang benar-benar 100 persen murni Android. Tidak merupakan ZenUI yang biasanya terdapat pada smartphone-smartphone lainnya Asus. Dengan UI Andorid yang ringan dan tidak membutuhkan banyak space data, maka kinerja yang dihasilkan saat melakukan multitasking menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa fitur-fitur menarik yang terdapat pada Asus Zenfone Max Pro M1 yang membuat saya tertarik untuk memilikinya dan menjadikannya smartphone andalan saya sehari-hari. Dan untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari smartphone ini bisa disimak berikut ini.

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo (Android pure)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor octa-core Kryo 260 1,8GHz
  • Grafis Adreno 509
  • Dual kamera 13 megapiksel, sensor BSI, aperture f/2.0, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 5 megapiksel fixed focus, sensor BSI, lensa f/2.0. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI, lensa aperture f/2.0, fixed focus, soft LED flash
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, 450 nits brightness
  • Memori RAM 3GB atau 4GB, ROM 32GB atau 64GB, dilengkapi slot microSD max 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 159 x 76 x 8.46 mm dengan berat 180 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable
  • Warna Deepsea Black dan Meteor Silver

Nah, itu tadi alasan mengapa smartphone Asus Zenfone Max Pro M1 layak untuk dijadikan smartphone gaming maupun untuk smartphone andalan dalam aktivitas sehari-hari. Dengan harga yang terjangkau, spesifikasi kelas atas, dan juga tentu saja pelayanan after sales yang tersebar di seluruh Indonesia layak untuk dijadikan smartphone idaman kita. Semoga bermanfaat.


Advertisements
  •  
    2
    Shares
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.