Segarnya Es Kapal Baron yang Bikin Ketagihan

Kenapa disebut dengan es kapal, mungkin karena gerobaknya yang di bagian depan dibuat lebih lancip seperti pada bagian depan kapal. Mungkin karena itulah es tersebut kemudian familiar disebut dengan es kapal.
Bicara soal es kapal, mengingatkan tentang jajanan saya di waktu masih kecil. Sewaktu saya kecil banyak dijumpai para penjual es kapal. Mereka berkeliling dari kampong yang satu ke kampong yang lain dengan mendorong gerobak kapalnya. Untuk menarik para pembeli setiap beberapa menit sekali mereka membunyikan alat seperti lonceng. Lonceng inilah yang menjadi penanda ciri khas dari es kapal.
Dahulu sekitar tahun 90’an dengan uang 500 rupiah kita bisa membeli semangkuk penuh es kapal. Rasa esnya pun juga berariasi, ada rasa stroberi, cokelat, juga bisa dicampur dengan tape. Namun seiring bergantinya tahun, banyak yang tidak lagi menekuni usaha ini dengan berbagai faktor alasan. Namun juga ada juga yang masih eksis hingga sekarang ini, salah satunya atau mungkin satu-satunya yaitu es kapal yang berada di dekat lampu merah Baron Solo.

Es Kapal Baron Solo

Rasa penasaran dengan es kapal Baron sebenarnya sudah sejak dulu, namun baru kesampaian beberapa minggu yang lalu. Kebetulan saat itu memang siang hari dan cuacanya panas sehingga cocok kalau mencoba mampir ke es kapal tersebut. Saya sempat kaget dengan banyaknya pembeli yang datang ke tempat tersebut, walaupun hanya di pinggir jalan raya menempati trotoar jalan dan di bawah pohon beringin, ada saja orang yang datang ke tempat tersebut.
Satu gelas penuh es kapal dengan ditambah dengan roti tawar diatasnya cukup untuk menyegarkan tenggorokan saya yang kering karena perjalanan jauh. Walaupun pembelinya banyak, waktu menunggunya pun juga tidak terlalu lama, dan satu gelas es kapal tersebut ternyata harganya juga cukup murah yaitu hanya empat ribu rupiah saja. Rasa es kapalnya pun juga juara enaknya.
Salut dengan bapak penjual es kapal tersebut yang mampu bertahan dan eksis hingga puluhan tahun dengan berjualan es kapal. Yang penasaran dengan rasa dari es kapal Baron bisa datang langsung untuk mencicipinya. Tempatnya persis di sebelah utara lampu merah Baron Solo.

Terima kasih.

Baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Advertisements

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.