Simak Baik-Baik, Ini Cara Membedakan BPKB Asli atau Palsu

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, BPKB merupakan buku yang sah tentang kepemilikan kendaraan bermotor yang berlaku di Indonesia. Namun karena semakin maraknya pencurian motor maka kita perlu waspada dan hati-hati ketika akan membeli motor, terutama motor dalam kondisi bekas pakai. Yang pertama tentu saja adalah kita cek apakah kendaraan bermotor tersebut memiliki surat-surat yang lengkap seperti STNK dan juga yang paling pokok BPKB. Tapi masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara mengecek BPKB tersebut asli atau palsu. Nah, untuk itu Simak Baik-Baik, Ini Cara Membedakan BPKB Asli atau Palsu.

Cara Membedakan BPKB Asli atau Palsu

BPKB asli hasil terbitan dari Korlantas Polri tentu saja memiliki beberapa keunggulan yang tidak dapat dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan BPKB yang akan dicek tersebut asli atau palsu. Berikut ini langkah-langkah dan caranya.

  1. Bahan sampul untuk BPKB asli dari Korlantas Polri lebih terlihat mengkilap jika dibandingkan dengan BPKB palsu. Untuk BPKB palsu sampulnya terlihat lebih kusam/buram.
  2. Untuk BPKB Asli di halaman pertama tentu pasti terdapat hologram warnanya abu-abu dan tidak akan berubah warna ketika diterawang. Untuk BPKB yang palsu warna hologram akan berubah menjadi warna kuning jika diterawang.
  3. Pada bagian identitas pemilik, Untuk BPKB palsu biasanya hanya diubah identitas data kendaraan atau hanya data pemilik saja. Jika dicek melalui online maka akan terlihat mana BPKB yang asli dan mana BPKB yang palsu karena nama pemilik dan data kendaraan harus sesuai dengan ketika dicek secara online.
  4. Pada halaman terakhir untuk BPKB yang asli akan terdapat lambang Korlantas bila disinari cahaya ultraviolet dan logo tersebut akan terasa kasar apabila diraba dengan tangan. Namun untuk BPKB yang palsu lambang Korlantas akan rata dan tidak timbul ketika diraba menggunakan tangan.
  5. Ada nomor seri pada halaman pertama di bawah hologram yang maksud dari nomor seri tersebut adalah untuk membedakan domisili kepemilikan BPKB tersebut. Namun untuk mengetahui nomor seri itu, hanya pihak Korlantas yang bisa mengetahuinya. Untuk orang awam, cara ini akan sulit untuk mengenali BPKB tersebut asli atau palsu.

Nah, mungkin itu tadi beberapa cara untuk mengetahui apakah BPKB asli atau palsu. Mungkin jika ada cara yang terlewatkan atau mungkin cara tersebut di atas keliru bisa dikoreksi melalui kolom komentar di bawah ini. Saya sangat senang menerima masukan, saran, dan kritik untuk membuat blog ini lebih berkualitas lagi. Terima kasih, semoga bermanfaat.

referensi: naikmotor.com

baca juga:

Advertisements
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.