Sudah Saatnya Ganti Laptop yang Ringkas

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, saya masih ingat ketika pertama kali membeli laptop yaitu sekitar tahun 2012. Namun laptop tersebut bukan saya yang memakainya. Saya membeli laptop tersebut untuk saya hadiahkan kepada istri yang waktu itu membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas akhir dan skripsi. Saat itu, desain laptop memang tidak seringkas desain laptop sekarang ini. Laptop yang saya beli untuk istri tersebut memiliki berat yang lumayan yaitu sekitar 2,2 kg.

Oleh karena itulah, istri sering mengeluh saat membawa laptop untuk ke kampus. Bahu kerap pegal karena harus menggendong laptop tersebut di dalam tas. Oleh karenanya, istri hanya akan membawa laptop ke kampus jika memang benar-benar ada tugas mendesak yang membutuhkan laptop. Selain itu, dia lebih memilih meninggalkan laptop di rumah.

Setelah lulus kuliah, laptop tersebut sama sekali tidak digunakan oleh istri. Akhirnya daripada nganggur, maka laptop tersebut saya gunakan untuk aktivitas ngeblog dan juga untuk mengerjakan beberapa job grafis sampingan. Dan laptop tersebut hanya terbatas saya gunakan saat berada di rumah saja. Karena kalau untuk dibawa kesana kemari terlalu berat dan kurang praktis.

Sampai saat ini laptop tersebut masih saya gunakan untuk aktivitas ngeblog walaupun terbatas hanya di rumah saja. Karena sekarang ini baterai sudah semakin ngedrop sehingga saat dipakai tanpa dicharge hanya mampu bertahan puluhan menit saja. Selain itu sekarang ini untuk mengerjakan pekerjaan grafis dan juga editing video loadingnya bikin jenggot sariawan.

Dengan berat hati, memang sudah saatnya laptop lama saya harus pensiun dan harus digantikan dengan laptop yang lebih ringkas, ringan, dan memiliki kinerja handal. Walaupun harus pensiun namun laptop tersebut tidak akan saja jual karena merupakan laptop yang berjasa dan punya kenangan buat saya. Mungkin laptop tersebut akan menjadi penghuni baru di lemari dan tidak akan tersentuh, namun memiliki nilai sejarah bagi saya.

Saatnya Ganti Laptop Lama dengan Laptop Ringkas Asus Zenbook 13 UX333

Untungnya di awal tahun ini Asus Indonesia memperkenalkan produk baru dari seri Zenbook. Seperti yang kita tahu bahwa seri Zenbook dari Asus merupakan laptop dengan desain yang tipis, ringan, stylish, dan ringkas namun memiliki kinerja yang handal. Nah, kali ini Asus merilis 3 varian terbaru Asus Zenbook series yaitu Zenbook 13 UX333, Zenbook 14 UX433, dan Zenbook 15 UX533. Asus mengklaim bahwa varian yang baru saja mereka rilis tersebut adalah laptop paling ringkas sedunia dan lebih kokoh dari sebelumnya.

Ringkas dan Kuat

Dikatakan ringkas karena Asus Zenbook 13 UX333 ini menggunakan desain Frameless NanoEdge Display dengan bezel yang ultra-tipis. Bezel pada empat sisi layarnya hanya berukuran dari 2,8 mm sampai dengan 5,8 mm saja. Dengan bezel yang ultra-tipis tersebut mampu menghadirkan pengalaman visual tanpa batas dengan rasio screen-to-body sebesar 92%. Dikatakan kokoh karena laptop ini sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD-810G. Dengan sertifikasi tersebut, Asus Zenbook 13 UX333 sudah lolos berbagai uji ketahanan yang ekstrim. Uji ketahanan tersebut meliputi uji ketinggian, uji suhu dan kelembapan, hingga uji banting dan getaran.

Untuk Asus ZenBook 13 UX333 mengusung layar sebesar 13 inchi sementara Asus ZenBook 14 UX433 mengusung layar sebesar 14 inchi. Kedua laptop ini dilengkapi dengan fitur unik yaitu NumberPad. NumberPad merupakan  tombol numpad yang terintegrasi dengan touchpad. Sementara untuk Asus ZenBook 15 UX533 mengusung layar sebesar 15 inchi dan dilengkapi dengan tombol numpad fisik.

ErgoLift Design dan LED Backlit

Pada Asus Zenbook seri terbaru ini juga dengan teknologi ErgoLift Design. Teknologi ini membuat bodi laptop tersebut menjadi terangkat dan membentuk sudut 3 derajat. Dengan desain Ergolift tersebut maka membuat laptop ini semakin ergonomis dan nyaman untuk mengetik. Posisi kemiringan 3 derajat pada bodi laptop tersebut juga memberikan keuntungan lain. Keuntungannya adalah adanya rongga untuk tempat sirkulasi udara sehingga suhu komponen menjadi lebih terjaga. Selain itu, rongga tersebut juga membantu speaker pada laptop ini menghadirkan performa audio yang lebih baik.

Selain posisi kemiringan keyboard yang ergonomis dan nyaman, Asus juga menambahkan lagi dengan menghadirkan full-size backlit keyboard dan juga LED backlit keyboard yang membuat mengetik lebih nyaman meskipun dalam keadaan gelap.

Performa Maksimal

Walaupun Asus ZenBook 13 UX333 ini merupakan laptop yang paling ringkas di dunia, namun ternyata spesifikasi yang dibenamkan tidak kalah dengan laptop premium lainnya. Laptop ini ditenagai dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 yang memiliki performa terbaik untuk bekerja.

Untuk urusan grafis, Asus juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan performa yang handal. Pada Zenbook 13 UX333 dan Zenbook UX433 Asus menghadirkan GPU NVIDIA MX150. Sementara pada Asus Zenbook 15 UX533 dibenamkan dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q. Dengan GPU yang handal tersebut laptop ini mampu untuk menjalankan berbagai macam aplikasi yang membutuhkan performa grafis tinggi.

Untuk penyimpanan internalnya, Asus memberikan hard disk sebesar 512 GB NVMe SSD. NVMe SSD diklaim memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dibandingkan SSD SATA standar. Ditemani dengan RAM berkapasitas hingga 16 GB, laptop ini dipastikan akan bisa menemani segala aktivitas sehari-hari penggunanya. Berbicara mengenai harga, Asus Zenbook terbaru ini untuk varian yang terendah dijual mulai dari 15 juta rupiah. Sedangkan untuk varian yang paling tinggi dijual 27 juta rupiah.

Saatnya Ganti Zenbook

Dengan berbagai macam kelebihan dari Asus Zenbook terbaru tersebut memang sudah sepantasnya untuk beralih menjadi keluarga Asus. Laptop yang ringkas, kokoh, dan memiliki spesifikasi dengan kinerja yang handal tentu menjadi dambaan setiap orang. Bepergian pun menjadi semakin pede dan nyaman dengan laptop yang handal dan ringkas. Selain itu tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar dan tidak khawatir saat terjatuh. Saya pun juga mempunyai impian untuk meminang laptop tersebut apabila sudah memiliki rezeki yang lebih. Semoga saja bisa terwujud. Aamiin.

Spesifikasi Teknis Asus Zenbook 13 UX333, Zenbook 14 UX433, dan Zenbook 15 UX533

Main Spec. ASUS ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, ZenBook 15 UX533
CPU Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)

Intel Core i7 8565UQuad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)

Operating System Windows 10 Home
Memory Up to 16GB LPDDR3 RAM
Storage 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 13,3” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX333)

14” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX433)

15,6” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX533)

Graphics Discrete graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q (UX533)

Discrete graphics NVIDIA GeForce MX150 (UX333 & UX433)

Integrated Intel UHD Graphics 620

Input/Output 1 x USB3.1 Type-C (GEN2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Camera HD IR/RGB Combo Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio Harman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 50WHrs 3-cell battery (UX333 & UX433)

73WHrs 4-cell battery (UX533)

Dimension (WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm (UX333)

(WxDxH) 319 x 199 x 15,9 mm (UX433)

(WxDxH) 354 x 220 x 17,9 mm(UX533)

Weight 1,19Kg with Battery (UX333 & UX433)

1,67Kg with Battery (UX533)

Colors Royal Blue, Icicle Silver, Burgundy Red
Price TBA
Warranty 2 tahun garansi global

 


Advertisements
  •  
    5
    Shares
  •  
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Sudah Saatnya Ganti Laptop yang Ringkas

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.