Suzuki Masih Galau Soal Mesin Trail DR150?

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, berbicara mengenai motor trail 150 cc, saat ini memang baru Kawasaki dan juga AHM yang baru memproduksinya. Kawasaki punya KLX150 sedangkan AHM punya CRF150L. Sementara untuk Yamaha dan juga Suzuki sampai saat ini masih sekadar kabar burung. Untuk kepastiannya masih belum terdengar. Pasar motor trail entry level memang sebenarnya masih sangat terbuka lebar. Apabila ada mesin yang superior, harga kompetitif, dan kualitas yang baik tentu akan menjadi pilihan. Seperti yang baru-baru ini terdengar bahwa Suzuki sedang siapkan Trail DR150 untuk pasar Indonesia. Namun nampaknya Suzuki masih galau soal mesin yang akan dipakai di motor trailnya (DR150).

Suzuki Masih Galau Soal Mesin Trail DR150?

Sebenarnya, Suzuki sudah memiliki motor trail yang saat ini digunakan sebagai motor dinas untuk Brimob yaitu Suzuki DR200. Suzuki DR200 ini juga statusnya belum diproduksi di dalam negeri namun masih diimport dari luar. Namun belakangan ini beredar kabar bahwa Suzuki sedang menyiapkan motor trail berkubikasi 150 cc. Namun yang menjadi persoalan adalah trail DR150 nantinya akan disematkan mesin DOHC ataukah menggunakan mesin SOHC. Karena memang apabila salah salah pilih maka akan berimbas nantinya produk tidak akan laku ketika dijual.

Mesin DOHC

Masalah mesin memang menjadi hal yang sangat riskan. Banyak pertimbangan lain yang harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk memilih mesin. Apabila menggunakan mesin DOHC seperti pada Satria, Bandit, dan GSX series tentu powernya akan lebih baik dibandingkan dengan mesin SOHC. Namun, pemakaian mesin DOHC akan membutuhkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin SOHC. Dengan begitu maka pemakaian mesin DOHC akan membutuhkan biaya produksi yang lebih besar dibandingkan dengan SOHC.

Tidak hanya itu, menyiapkan motor trail juga harus dipikirkan pada penggunaan sasis yang kuat dan juga suspensi dapat meredam getaran dengan baik. Oleh karenanya, Suzuki juga harus memikirkan mengenai rangka dan suspensi yang cocok untuk dicangkokkan ke trail 150ccnya.

Mesin SOHC

Nah, lain halnya apabila Suzuki akan menggunakan mesin SOHC yang sederhana maka biaya produksi tentu saja akan lebih hemat. Namun juga harus dipertimbangkan mengenai power dan torsinya yang tidak kalah dengan kompetitor. Karena kompetitor saat ini juga masih sama menggunakan mesin SOHC. Namun apabila power dan torsi di bawah kompetitor, Suzuki harus punya nilai lebih lain diluar sektor mesin.

Bisa saja dengan mesin SOHC yang lebih hemat, Suzuki dapat mengalokasikan dengan menggunakan sasis dan juga suspensi yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Namun tentu saja keputusan akhir Suzuki masih sangat rahasia mengenai akan seperti apa nantinya Trail 150cc Suzuki.

Dan konsumen tentu saja harapannya terhadap motor trail 150cc Suzuki adalah memiliki harga kompetitif dan tentu saja power yang tidak kalah dengan kompetitor. Nah, itu saja mungkin sedikit unek-unek dan informasi mengenai Trail 150cc Suzuki. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

 


Advertisements

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.