Tol Solo-Kertosono (Soker) Ruas Ngemplak Siap Dibuka untuk Arus Mudik Lebaran 2016

DSCF8291
salah satu wilayah donohudan yang dilewati tol solo kertosono. Masih ada sawah/tanah yang belum sepakat dengan ganti rugi

Kabar gembira bagi Anda pemudik yang nantinya akan melewati daerah Kartasura, Colomadu, dan Solo karena Ruas tol Soker wilayah Kecamatan Ngemplak akan dibuka untuk memperlancar dan mengurai kemacetan di beberapa titik arus mudik tahun 2016 ini.

Pada saat arus mudik 2016, pelaksana proyek pembangunan tol solo-kertosono akan mengoperasikan untuk sementara waktu jalan tol di wilayah Ngemplak sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

Nantinya pemudik yang melewati ruas jalan tol soker wilayah ngemplak jangan heran atau kaget apabila masih melihat sawah atau tanah kosong di tengah-tengah jalan tol dikarenakan masih ada belasan tanah yang belum dibebaskan sampai saat ini. Hal ini terjadi karena pemilik tanah-tanah tersebut belum menyepakati besaran jumlah nilai ganti rugi yang diberikan oleh pemerintah.

DSCF8126
penampakan jembatan penghubung desa brogo dengan desa djebol yang melintang di jalan tol (gambar diambil dari tempat penggilingan padi).

Sebenarnya segala upaya sudah dilakukan oleh Panitia Pembuat Komitmen yang bertugas untuk membebaskan tanah masyarakat. Mulai dari musyawarah dan lain sebagainya, namun apabila nantinya tidak ada kesepakatan antara pemilik tanah dengan panitia pembuat komitmen, masalah ganti rugi tanah akan diselesaikan di pengadilan.

Pengoperasian tol soker pada saat arus mudik akan diberlakukan searah terlebih dahulu demi kelancaran arus mudik dan untuk mengurai kemacetan di beberapa titik seperti wilayah Kartasura, Colomadu, dan Solo.

DSCF8295
gambaran kondisi ruas tol soker wilayah Donohuduan, Ngemplak, Boyolali

Saat ini proses proses pengerjaan tol Soker terus dilakukan mulai dari pemadatan tanah, pemasangan besi pemancang jalan, pemasangan pagar keliling, dan lain sebagainya. Khusus di ruas jalan tol yang sudah jadi akan lebih diutamakan untuk pembuatan jalan masuk dan keluar. Menurut rencana, nantinya jalan keluar masuk tol saat arus mudik 2016 akan disiapkan melalui Ngesrep, Mangu, ataupun Sawahan.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber: solopos.com

 

Advertisements

9 Komentar

  1. besok mudik lebaran tol pejagan-pemalang juga harusnya sudah jadi.. entah full atau baru seksi barat sih, memang setidaknya bisa mengurai kemacetan lah.. soalnya rata-rata jalur padat..

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.