Perkiraan Waktu Gerhana Bulan Total di Indonesia Juli 2018

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, wilayah Indonesia diperkirakan menjadi daerah dengan waktu terlama pada Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada bulan Juli 2018 ini. Dan untuk perkiraan waktu gerhana bulan total di Indonesia Juli 2018 akan mulai terjadi pada 28 Juli 2018 dini hari. Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) mengungkapkan bahwa seluruh wilayah Indonesia akan dapat menyaksikan gerhana bulan total ini. Tentu saja apabila awan tidak menutupi langit.

Perkiraan Waktu Gerhana Bulan Total di Indonesia Juli 2018

LAPAN juga memperkirakan bahwa durasi dari Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada 28 Juli 2018 dini hari nanti terbilang cukup lama. Durasi Gerhana Bulan diperkirakan secara keseluruhan akan terjadi selama 3 jam 55 menit. Sementara untuk durasi fase total diperkirakan juga akan lebih lama dari sebelumnya yaitu sekitar 1 jam 43 menit.

Gerhana bulan total bulan Juli ini akan berlangsung mulai dari dini hari sampai dengan waktu Subuh. Untuk perkiraannya terjadi mulai pukul 01.24 WIB sampai 05.19 WIB. Sementara untuk fase gerhana bulan totalnya, akan terjadi mulai pukul 02.30 WIB sampai 04.13 WIB atau sekitar 1 jam 43 menit.

Dan menurut NASA, gerhana bulan total di bulan Juli nanti merupakan gerhana spesial dan langka karena akan menjadi gerhana bulan terlama di abad 21 ini. Gerhana bulan pada 28 Juli nanti dapat diamati langsung dengan menggunakan mata telanjang. Namun untuk dapat melihat lebih detail dari permukaan bulan, maka masyarakat dianjurkan untuk menggunakan teleskop.

Sebelumnya gerhana bulan total juga pernah terjadi di tahun 2018 ini, tepatnya pada 31 Januari 2018 namun durasinya lebih pendek dari yang akan terjadi nanti. Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai durasi waktu gerhana bulan total yang akan terjadi di Indonesia pada 28 Juli 2018 nanti. Semoga bermanfaat.

Nah, ketika ada peristiwa alam seperti ini, bagi yang beragama Islam dianjurkan untuk melakukan Salat Gerhana. Karena gerhana bulan merupakan salah satu tanda bukti kebesaran Allah swt.

referensi: LAPAN

Baca juga:


Advertisements
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Perkiraan Waktu Gerhana Bulan Total di Indonesia Juli 2018

  1. Salam kenal Mas Budi… Blog-nya spesifik dan bermanfaat, Mas Budi juga rajin upload tulisan. Terkesan dengan quote dari Pramoedya Ananta Toer yang Mas Budi tulis: … menulis untuk keabadian…

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.