Yamaha EC05, Skuter Listrik Hasil Kerja Sama Yamaha dengan Gogoro

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Gogoro merupakan produsen skuter listrik yang terkenal di Taiwan. Gogoro memiliki pasar skuter listrik yang cukup besar di Taiwan. Sehingga bisa dikatakan Gogoro memiliki fasilitas penunjang yaitu stasiun swap battery yang tersebar banyak di Taiwan. Oleh karena kelebihan inilah, akhirnya Yamaha bekerja sama dengan Gogoro untuk berkolaborasi kembali membuat skuter listrik penerus dari Yamaha EC03. Kali ini Yamaha menamai skuter listrik terbarunya tersebut dengan nama Yamaha EC05 yang merupakan kolaborasinya dengan Gogoro.

Yamaha EC05, Skuter Listrik Hasil Kerja Sama Yamaha dengan Gogoro

Seperti yang kita tahu bahwa beberapa waktu yang lalu Gogoro baru saja memperkenalkan skuter listrik generasi terbarunya. Skuter listrik tersebut diberi nama Gogoro 3 yang merupakan pengembangan dan pembaruan yang lebih modern dari Gogoro 2. Nah, dalam pola kerja samanya dengan Yamaha, Gogoro menyediakan mulai dari mesin motor listrik, baterai, hingga chasisnya. Sementara itu. untuk urusan desain luar dari Yamaha EC05 ini menjadi tanggung jawab Yamaha.

Untuk mesin motor listrik dan juga baterainya, Yamaha EC05 ini diambilkan dari generasi Gogoro 2. Sehingga bisa dikatakan mengenai performanya juga mirip dengan Gogoro 2 yaitu top speednya mencapai 85 hingga 95 km/jam. Untuk baterainya sendiri juga sama dengan Gogoro 2 yaitu menggunakan dua buah baterai lithium berdaya 6,4 kW. Baterai tersebut dapat digunakan untuk perjalanan hingga menempuh jarak 110 km.

Dalam hal desain, tentu saja kita tidak lagi meragukan kemampuan Yamaha dalam mendesain motor-motornya. Desainnya jika dilihat tentu saja modern dan futuristik. Untuk produksi massalnya, Yamaha EC05 ini baru akan diproduksi massal pada Agustus 2019 nanti.

Nantinya, karena Yamaha EC05 ini baterainya sama dengan yang dimiliki oleh Gogoro, maka pemilik EC05 tidak perlu khawatir disaat baterainya habis. Karena Gogoro memiliki banyak fasilitas stasiun swap battery yang tersebar di Taiwan. Tentu saja ini memberikan pilihan alternatif lain bagi masyarakat Taiwan untuk memilih skuter listrik selain Gogoro.

Indonesia?

Menurut saya, harapannya Gogoro dapat masuk ke Indonesia dan menawarkan alternatif kendaraan listrik (electric vehicle) untuk masyarakat di Indonesia. Tentu saja jika ingin sukses konsep dan platform dari Gogoro yang ada di Taiwan ini juga harus bisa diterapkan di Indonesia. Karena konsep stasiun swap battery tersebut sangat-sangat membantu dan menguntungkan konsumen pengguna skuter listrik.

Nah, itu saja sedikit informasi mengenai Yamaha EC05 yang merupakan skuter listrik hasil kerja sama Yamaha dengan Gogoro. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


One thought on “Yamaha EC05, Skuter Listrik Hasil Kerja Sama Yamaha dengan Gogoro

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.