Yamaha V50

Yamaha V50, Motor Jadul yang Jadi Incaran Kolektor

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi mulai berdiri di Indonesia pada tahun 1974. Nah, sebelum PT YIMM ini berdiri, ternyata sudah ada motor yamaha yang dibawa ke Indonesia pada tahun 1973. Motor pertama Yamaha yang dibawa ke Indonesia tersebut tidak lain adalah Yamaha V50. Yups, motor ini pada tahun tersebut didatangkan secara CBU dari Yamaha Jepang langsung. Alhasil, motor ini memiliki kualitas material yang cukup baik. Namun tidak banyak populasi motor ini di Indonesia dikarenakan merupakan motor CBU, alhasil sekarang ini banyak sekali kolektor yang mengincar motor ini dikarenakan memiliki nilai historis yang tinggi.

Yamaha V50, Motor Jadul yang Jadi Incaran Kolektor

Dapat dikatakan bahwa Yamaha V50 lah yang menjadi awal kesuksesan Yamaha sebagai salah satu perusahaan otomotif di Indonesia. Secara desain, motor ini memang terkesan simpel dan fungsional. Desain motornya sangat sederhana tidak seperti desain motor-motor zaman sekarang ini. Walaupun simpel, desainnya menawarkan model yang tidak akan punah oleh zaman dan dapat diterima di segala zaman.

Yamaha V50

Kemudian beralih ke spesifikasinya, motor ini merupakan motor 2 tak dengan satu silinder berkapasitas 50 cc. Tentu saja untuk sistem pembakarannya masih menganut model lama yaitu dengan menggunakan karburator. Untuk perpindahan giginya, motor jadul Yamaha ini dilengkapi dengan transmisi 3 percepatan dengan torsi dan tenaga yang cukup pada zamannya.

Motor ini memiliki dimensi panjang 1.840 mm, lebar 645 mm, dan tinggi 1.006 mm. Kemudian untuk berat kosongnya sendiri motor ini memiliki berat diangka 74 kg saja. Untuk kapasitas tangki bahan bakarnya, mampu untuk menampung bahan bakar hingga 4,5 liter. Kemudian beralih ke sistem kelistrikannya, motor ini masih menganut model platina.

Yamaha V50

Untuk suspensinya bagian depan masih menganut suspensi model leading link yang banyak digunakan oleh motor bebek pada tahun 70an. Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan dual shockbreaker. Untuk pengeremannya, Yamaha V50 ini baik pada roda bagian depan maupun belakang masih menggunakan model rem tromol.

Di era sekarang ini, untuk mendapatkan Yamaha V50 memang gampang-gampang susah. Hal ini tentu saja karena populasi motor ini yang sudah tidak banyak beredar. Terlebih lagi, bila ada pasti harga yang ditawarkan juga akan cukup tinggi. Kemudian lagi berbicara mengenai sparepartnya, tentu saja ada beberapa sparepart yang harganya cukup mahal karena susah dicari alias langka.

baca juga:


Advertisements

4 thoughts on “Yamaha V50, Motor Jadul yang Jadi Incaran Kolektor

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.